Sukses

Studi: Sering Kunjungi Museum dan Pameran Seni Bisa Bikin Panjang Umur

Menurut sebuah studi baru, mengunjungi museum dan pameran seni berpotensi dapat membuat panjang umur.

Liputan6.com, Jakarta Menurut sebuah studi baru, sering mengunjungi teater, museum atau pameran seni dapat membuat Anda hidup lebih lama alias panjang umur.

Bahkan, semakin sering Anda mengunjungi tempat tersebut, akan semakin besar kemungkinan umur Anda panjang. 

Para peneliti dari University College London (UCL) menemukan bahwa orang yang sering terafiliasi dengan seni--beberapa kali dalam sebulan, memiliki resiko kematian lebih rendah hingga 31% dibandingkan yang tidak. 

Bahkan, jika Anda mengunjungi teater atau museum sebanyak satu atau dua kali seminggu dapat menurunkan risiko hingga 14%. Demikian dikutip dari CNN, Kamis (19/12/2019).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6.000 Orang Dewasa

Para peneliti melihat data dari 6.000 orang dewasa di Inggris yang berusia 50 tahun atau lebih. Mereka merupakan peneliti yang secara khusus mempelajari soal penuaan.

"Di saat kebiasaan lainnya seperti merokok, minum alkohol dan olahraga masih meragukan terkait panjangnya umur, aktivitas yang berhubungan dengan seni ini ternyata dapat berpotensi membuat orang jadi panjang umur. Walaupun banyak orang tidak menyadarinya," ujar Daisy Fancourt, profesor asosiasi di UCL's Research Department of Behavioural Science and Health.

Seberapa sering seseorang terlibat dalam kegiatan seni, termasuk pameran, konser dan teater dihitung pada awal studi di tahun 2004 hingga 2005.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.