Sukses

17-12-1903: Penerbangan Sukses Pertama Pesawat Wright Bersaudara

Pada 17 Desember 1903, sebuah pesawat diterbangkan untuk pertama kalinya.

Liputan6.com, Jakarta - Di dekat Kitty Hawk, North Carolina, Orville dan Wilbur Wright membuat penerbangan pertama yang sukses dalam sejarah sebuah pesawat terbang self-propelled pada 16 Desember 1903. Orville mengemudikan biplane berbahan bakar bensin, yang digerakkan baling-baling, dan tetap bertahan dalam ketinggian selama 12 detik dan menutupi 120 kaki pada penerbangan perdananya.

Wright bersaudara ini besar di Dayton, Ohio, dan mengembangkan minat dalam penerbangan setelah mempelajari penerbangan glider dari insinyur Jerman Otto Lilienthal pada tahun 1890-an.

Tidak seperti saudara lelaki mereka yang lebih tua, walau Orville dan Wilbur tidak kuliah, tetapi mereka memiliki kemampuan teknis yang luar biasa dan pendekatan yang canggih untuk memecahkan masalah dalam desain mekanik. Mereka membangun mesin cetak dan pada 1892 membuka penjualan sepeda dan bengkel. Demikian dikutip dari history.com, Senin (16/12/2019).

Segera, mereka membangun sepeda sendiri, dan pengalaman ini, dikombinasikan dengan keuntungan dari berbagai bisnis mereka, memungkinkan mereka untuk mengejar impian mereka secara aktif membangun pesawat terbang pertama di dunia.

Setelah meneliti dengan seksama upaya-upaya insinyur lain untuk membangun pesawat udara yang lebih berat dan terkendali, Wright bersaudara menulis Biro Cuaca AS yang menanyakan tempat yang cocok untuk melakukan uji luncur. Mereka menetap di Kitty Hawk, sebuah desa terpencil di Outer Banks North Carolina, yang menawarkan angin kuat dan bukit pasir sebagai tempat peluncuran dan pendaratan yang lembut.

Glider pertama mereka, diuji pada tahun 1900, berkinerja buruk, tetapi desain yang baru, diuji pada tahun 1901, lebih sukses. Belakangan tahun itu, mereka membangun terowongan angin di mana mereka menguji hampir 200 sayap dan badan pesawat dengan berbagai bentuk dan desain.

Eksperimen sistematis pun terbayar - mereka menerbangkan ratusan penerbangan yang sukses di pesawat terbang layang tahun 1902 di Bukit Kill Devils dekat Kitty Hawk. Glider biplane mereka menampilkan sistem kemudi, berdasarkan kemudi yang dapat bergerak, yang memecahkan masalah penerbangan terkontrol. Mereka sekarang siap untuk penerbangan bertenaga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usaha Bidang Dirgantara

Di Dayton, mereka merancang mesin pembakaran internal 12 tenaga kuda dengan bantuan masinis Charles Taylor dan membangun pesawat baru untuk menampungnya.

Selama beberapa tahun berikutnya, Wright bersaudara lebih jauh mengembangkan pesawat mereka tetapi tidak mempedulikan keberhasilan mereka untuk mendapatkan paten dan kontrak untuk mesin terbang mereka.

Pada 1905, pesawat mereka bisa melakukan manuver yang kompleks dan tetap berada dalam ketinggian hingga 39 menit pada suatu waktu. Pada tahun 1908, mereka melakukan perjalanan ke Prancis dan melakukan penerbangan publik pertama mereka, membangkitkan kegembiraan publik yang meluas.

Pada tahun 1909, Korps Sinyal Angkatan Darat AS membeli pesawat yang dibangun secara khusus, dan mereka mendirikan Perusahaan Wright untuk membangun dan memasarkan pesawat mereka.

Wilbur Wright meninggal karena demam tifoid pada tahun 1912; sedangkan Orville bertahan hidup sampai 1948.

Pesawat bersejarah Wright Bersaudara tahun 1903 dipajang secara permanen di National Air and Space Museum di Washington, D.C.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini