Sukses

Cokelat dan Ikan Mentah, 6 Makanan Ini Tak Boleh Diberikan ke Kucing

Deretan makanan yang tidak bisa diberikan pada kucing, karena membahayakan kesehatan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Kucing adalah hewan yang suka penasaran dengan apa yang majikannya makan, dari buah-buahan hingga makanan manis. Namun sebenarnya, mereka tidak punya indera pengecap untuk makanan yang manis, dan yang lebih lagi tidak baik untuk kesehatan mereka.

Terdapat beberapa makanan yang sangar berbahaya untuk kucing, karena biasanya beracun. Maka dari itu, pemilihan makanan untuk kucing rumahan sangatlah selektif. Beberapa makanan tersebut tidak disangka-sangka mungkin sempat kita berikan pada seekor kucing.

Dikutip dari Brightside pada Jumat (24/10/2019), berikut deretan enam makanan yang tidak boleh diberikan pada kucing agar kucing kita bisa selalu sehat.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Produk yang Mengandung Susu

Kebanyakan kucing dewasa memiliki intoleransi terhadap laktosa. Meskipun mereka mungkin menyukai rasa susu dan produk susu, itu tidak boleh diberikan kepada mereka karena sangat berbahaya bagi perut mereka. Konsumsi susu dapat menyebabkan muntah dan diare. Jika kucing haus, beri air saja.

3 dari 7 halaman

2. Cokelat dan permen

Ada 2 bahan dalam cokelat yang bisa sangat berbahaya bagi kucing: kafein dan theobromine yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh manusia, tetapi tidak terlalu banyak oleh kucing. Setelah kucing makan cokelat, bahan-bahan itu menjadi beracun bagi mereka dan dapat menyebabkan gagal hati.

Tidak dianjurkan untuk memberi makan permen kucing kita juga. Banyak permen sarat dengan gula yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan kucing, seperti halnya bagi kita manusia. Juga, beberapa permen bahkan dapat meracuni kucing kita, serta membuat mereka tersedak.

4 dari 7 halaman

3. Daging dan Ikan Mentah

Daging dan ikan mentah dapat mengandung bakteri dan parasit yang resisten terhadap antibiotik dan dapat menyebabkan penyakit parah. Lemak berlebih mereka juga dapat menyebabkan kondisi yang disebut pankreatitis, yang merupakan peradangan pankreas.

5 dari 7 halaman

4. Telur Mentah

Telur mentah tidak boleh diumpankan ke kucing. Telur mentah mungkin memiliki bakteri di dalamnya yang dapat mempengaruhi usus. Juga, ada protein di dalam telur mentah yang sangat sulit bagi kucing untuk menyerap dan yang dapat menyebabkan kekurangan vitamin.

Jika ingin memberi makan telur ke kucing, beri makan telur yang sudah dimasak dan, lebih baik, campur dengan makanan mereka.

6 dari 7 halaman

5. Anggur dan Kismis

Camilan sehat ini untuk manusia dapat menyebabkan masalah serius pada kucing kita. Anggur dan kismis sangat beracun bagi mereka dan dapat menyebabkan gagal ginjal, yang nantinya bisa berkembang menjadi penyakit ginjal yang serius. Alasan untuk reaksi ini masih belum diketahui.

7 dari 7 halaman

6. Kacang

Kacang sangat tinggi lemak dan bisa membuat kucing kita bertambah gemuk dengan mudah. Kacang mengandung protein dan lemak yang sehat bagi kita manusia, tapi tidak dengan kucing, mereka tidak bisa mencernanya dengan mudah. Tingginya kadar lemak juga dapat menyebabkan masalah perut yang dapat menyebabkan muntah.

Nah sekarang kamu tahu kan, jenis makanan apa saja yang dilarang diberikan ke kucing kesayanganmu? Mulai sekarang, pastikan kucingmu terawat dengan baik dengan memperhatikan kecukupan nutrisi yang sehat dan seimbang ya!

Kamu bisa coba berikan Muezza yang mengandung ekstrak Yucca Schidigera dan sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin.

Selain itu Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Ada lima varian Muezza seperti, Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

(*)

 

Reporter: Windy Febriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.