Sukses

Disalahgunakan Pendemo Hong Kong, Apple Hapus Aplikasi Pendeteksi Polisi

Sebuah aplikasi yang dapat mendeteksi keberadaan polisi Hong Kong dihapus oleh pihak Apple.

Liputan6.com, Hong Kong - Apple telah menghapus aplikasi yang digunakan para pengunjuk rasa di Hong Kong untuk melacak pergerakan polisi dan penggunaan gas air mata. Alasannya karena aplikasi tersebut melanggar aturan.

Dilansir dari BBC, Kamis (10/10/2019), perusahaan yang bergerak di bidang teknologi tersebut mengatakan bahwa aplikasi, HKmap.live, digunakan dengan cara yang membahayakan penegakan hukum dan penduduk.

Apple awalnya menolak aplikasi tersebut, yang menggunakan data dari pengunjuk rasa di lapangan. Ketika kemudian muncul di App Store, ada tanggapan tajam di media resmi Tiongkok.

Apple mengatakan pihaknya mulai menyelidiki penggunaan aplikasi. Kemudian menemukan bukti bahwa aplikasi digunakan untuk membahayakan penegakan hukum dan penduduk Hong Kong, seperti dilansir cnbc.com.  

"Aplikasi ini menampilkan lokasi polisi dan kami telah memverifikasi dengan Biro Kejahatan Teknologi dan Kejahatan Teknologi Hong Kong," kata Apple.

"Aplikasi tersebut telah digunakan untuk menargetkan dan menyergap polisi, mengancam keselamatan publik, dan para penjahat telah menggunakannya untuk mengorbankan penduduk di daerah tempat mereka tahu ada tidak ada penegakan hukum," tambah Apple dalam sebuah pernyataan.

Di bawah peraturan dan kebijakan Apple, aplikasi yang memenuhi standar untuk muncul di App Store terkadang dihapus setelah dirilis. Hal itu, jika ditemukan untuk memfasilitasi aktivitas ilegal atau mengancam keselamatan publik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Penghapusan oleh Pihak Apple

Penghapusan itu terjadi setelah "banyak pelanggan Hong Kong yang khawatir menghubungi kami", kata Apple.

"Kami telah memverifikasi dengan Biro Kejahatan Dunia Maya dan Teknologi Kejahatan Hong Kong (Hong Kong Cybersecurity and Technology Crime Bureau) bahwa aplikasi tersebut telah digunakan untuk menargetkan dan menyergap polisi," kata Apple.

Pernyataan itu menambahkan bahwa "penjahat telah menggunakannya untuk mengorbankan warga di daerah di mana mereka tahu tidak ada penegakan hukum yang berlaku".

Meskipun aplikasi telah dihapus dari toko Apple, versi situs web tampaknya tetap aktif. Selain itu, terdapat juga versinya di Google Play.

3 dari 4 halaman

Masih Ada Aplikasi Versi Lain

Apple menyebut aplikasi berbahaya, HKmap.live telah dimanfaatkan untuk membahayakan penegakan hukum dan penduduk.

Aplikasi tersebut dapat melacak pergerakan polisi, serta penggunaan gas air mata yang ditujukan pada demonstran. 

Apple awalnya menolak aplikasi tersebut dari "store"-nya. Namun, tanpa disadari, aplikasi tersebut tiba-tiba muncul di App Store milik Apple, seperti dilansir bbc.com. 

Meski telah dihapus dari App Store, tetapi versi situs web tampaknya tetap aktif.

Untuk Apple, China adalah pasar utama dan basis manufaktur untuk produk-produknya.

Pembuatan produk Apple secara langsung dan tidak langsung menyumbang sekitar tiga juta pekerjaan di Cina.

Apple memiliki penjualan $ 9,61 miliar atau sekitar 135 triliun rupiah lebih pada kuartal terakhir di kategori Greater China, termasuk Taiwan dan Hong Kong.

4 dari 4 halaman

Tuai Kritik China

Ketersediaan aplikasi HKmap.live menuai kritik dari pemerintah China.  

Sebuah publikasi Partai Komunis China, People’s Daily mengritik Apple karena seolah “membuka pintu” untuk protes keras dari aplikasi yang tak disebutkan namanya itu.

"Membiarkan perangkat lunak beracun menghalangi pengkhianatan perasaan orang-orang China," kata People’s Daily. 

Sejumlah perusahaan telah menarik kemarahan para pejabat Cina atas protes yang telah berlangsung lama di Hong Kong.

Sementara itu, lembaga penyiaran negara China telah membatalkan rencana untuk menunjukkan dua pertandingan pra-musim basket NBA Amerika Serikat.   

Hal itu terjadi setelah cuitan pro-Hong Kong dari seorang manajer tim, dan para sponsor juga sangat kritis di media sosial Twitter milik mereka.  

Lalu, perusahaan perhiasan, Tiffany & Co juga membatalkan gambar iklan. Seusai beberapa konsumen China mengatakan iklan itu mendukung para pengunjuk rasa.

Kemudian, perusahaan video-game yang berbasis di California, Blizzard, menangguhkan seorang gamer. Hal tersebut, setelah ia menyatakan dukungannya kepada para pemrotes Hong Kong selama siaran langsung.

 

Reporter: Hugo Dimas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.