Sukses

Ketika Wikipedia Jadi Platform Perselisihan Klaim Kedaulatan China dan Taiwan

Liputan6.com, Taipei - Ketika pengguna internet mengetik "Apa itu Taiwan?" di mesin pencari Google atau Siri, mayoritas akan keluar penjelasan berupa: "Sebuah negara di Asia Timur".

Tetapi, suatu waktu pada awal September 2019, pertanyaan yang sama di mesin pencari akan menunjukkan penjelasan berupa: "provinsi di Republik Rakyat China."

Faktanya, banyak mesin pencari, asisten digital dan telepon semuanya menunjuk ke satu tempat: Wikipedia. Dan, pendefinisian atas Taiwan di Wikipedia sempat --bahkan kerap-- berubah-ubah selama tahun ini.

Hubungan lintas-selat atau cross-strait relation, merupakan definisi relasi antara China dengan Taiwan --yang mendeklarasikan diri sebagai negara dengan pemerintahan terpisah dari Beijing menyusul perang saudara antara Partai Komunis dengan Partai Kuomintang.

Kuomintang kalah, melarikan diri ke Pulau Formosa yang terpisah dari China daratan pada sebuah selat. Kala itu, Kuomintang masih mendeklarasikan diri sebagai pemimpin sah seluruh wilayah Tiongkok.

Urgensi perang terbuka dengan Partai Komunis China semakin meluntur pada tahun-tahun berikutnya, hingga akhirnya Kuomintang membentuk pemerintahan negara Republik China (RoC) atau Taiwan dewasa ini.

Sementara Partai Komunis China yang keluar sebagai pemenang dalam perang, memerintah Tiongkok daratan dengan beribukota di Beijing --atau yang kita kenal sebagai Republik Rakyat China (PRC).

Akan tetapi, kedua belah pihak saling melempar penolakan eksistensi masing-masing sebagai pemerintahan seluruh wilayah Tiongkok, dan, tensi antara kedua negara masih terjadi hingga saat ini.

Penyuntingan sempat dikembalikan ke definisi 'status quo' Taiwan, yakni sebuah negara. Namun, perubahan kemudian dilakukan lagi, mendefinisikan pulau itu sebagai bagian dari provinsi China --sebuah pendefinisian kontroversial dalam koridor konflik lintas selat antara Tiongkok - Taiwan.

Hal itu dilakukan lagi, lagi, dan lagi.

"Tahun ini adalah tahun yang sangat gila," keluh Jamie Lin, anggota dewan Wikimedia Taiwan.

"Banyak Wikipediawan Taiwan (user Wikipedia di Taiwan) telah 'diserang'," lanjutnya seperti dikutip dari BBC, Minggu (6/10/2019).

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perang Menyunting Wikipedia

Wikipedia lebih tepat disebut sebagai gerakan ketimbang situs web pada umumnya.

Siapa pun dapat menulis atau mengedit entri di Wikipedia, dan di hampir setiap negara di Bumi, komunitas "Wikipedians atau para user Wikipedia" ada untuk melindungi dan berkontribusi pada situs ensiklopedi populer tersebut.

Kumpulan pengetahuan manusia terbesar yang pernah dikumpulkan, tersedia untuk semua orang secara online secara gratis, ini bisa dibilang pencapaian terbesar dari era digital.

Namun, bagi Jamie Lin, anggota dewan Wikimedia Taiwan, pencapaian itu 'sedang diserang'.

Perang sunting di Taiwan hanyalah satu dari sejumlah yang menyebar di seluruh entri Wikipedia yang luas dan multi-bahasa. Halaman tentang demonstrasi Hong Kong 2019 telah melihat 65 perubahan dalam sehari --sebagian besar berkutat pada persoalan semantik untuk menyebut partisipan demo, apakah demonstran? atau perusuh?

Ada pula 'perang sunting' entri dalam bahasa Inggris untuk kepulauan Senkaku yang dipersengketakan Jepang dan China. Mayoritas hasil pencarian akan menunjukkan definisi bahwa pulau itu adalah "pulau-pulau di Asia Timur". Tetapi awal tahun ini, padanan entri berbahasa Mandarin telah diubah untuk menambahkan "wilayah inheren Tiongkok."

Protes Lapangan Tiananmen 1989 diubah dalam bahasa Mandarin untuk menggambarkan mereka sebagai "insiden 4 Juni" untuk "memadamkan kerusuhan kontra-revolusioner". Dalam versi bahasa Inggris, Dalai Lama adalah seorang pengungsi Tibet. Dalam bahasa Mandarin, ia adalah orang buangan China.

Perbedaan pendapat dan definisi kerap terjadi setiap saat di Wikipedia. Tetapi bagi Jamie Lin, ini berbeda.

"Ini dikendalikan oleh Pemerintah (China)," tuduhnya. "Itu sangat mengerikan."

3 dari 5 halaman

Investigasi BBC

Investigasi BBC Click telah menemukan hampir 1.600 suntingan tendensius di 22 artikel yang sensitif secara politik. Mereka tidak dapat memverifikasi siapa yang melakukan masing-masing pengeditan itu, mengapa, atau apakah itu mencerminkan praktik yang lebih luas. Namun, ada indikasi bahwa mereka tidak semuanya organik, atau acak.

Baik pejabat dan akademisi dari dalam China telah mulai menyerukan pemerintah dan warganya untuk secara sistematis memperbaiki apa yang mereka katakan sebagai bias anti-China serius yang endemik di seluruh Wikipedia --menurut sebuah makalah berjudul "Opportunities And Challenges Of China's Foreign Communication in the Wikipedia", dan diterbitkan dalam the Journal of Social Sciences tahun ini.

Di dalamnya, akademisi Li-hao Gan dan Bin-Ting Weng berpendapat bahwa "karena pengaruh oleh media asing, entri Wikipedia memiliki sejumlah besar kata-kata berprasangka terhadap pemerintah China."

Mereka melanjutkan: "Kita harus mengembangkan strategi komunikasi eksternal yang ditargetkan, yang mencakup tidak hanya membangun kembali satu set sistem wacana komunikasi eksternal, tetapi juga mengolah editor berpengaruh pada platform wiki."

Mereka diakhiri dengan ajakan untuk bertindak.

"Tiongkok sangat perlu untuk mendorong dan melatih pengguna internet China untuk menjadi pemimpin dan administrator opini platform Wikipedia ... (yang) dapat mematuhi nilai-nilai sosialis dan membentuk beberapa tim editorial inti."

Menggeser Persepsi

Jurnal akademik lain ditulis oleh Jie Ding, seorang pejabat dari China International Publishing Group (CIPG), sebuah organisasi yang dikendalikan oleh Partai Komunis Tiongkok dan bertanggungjawab atas percetakan dan penerbitan pemerintah dengan daya jangkau internasional.

Ia berpendapat bahwa "ada kekurangan urutan sistematis dan pemeliharaan konten tentang wacana politik utama China di Wikipedia."

Ini juga mendesak pentingnya untuk "mencerminkan suara dan pendapat kami dalam entri, sehingga dapat secara obyektif dan benar-benar mencerminkan pengaruh China dan pemikiran China pada negara dan sejarah lain."

"'Telling China's Story' adalah konsep yang telah mendapatkan daya tarik besar selama beberapa tahun terakhir," kata Lokman Tsui, asisten profesor di Chinese University of Hong Kong, kepada BBC Click.

"Mereka berpikir bahwa banyak persepsi orang tentang Tiongkok di luar negeri benar-benar salah paham."

Bagi Tsui, perubahan penting sekarang terjadi ketika China memobilisasi sistem kontrol online domestiknya untuk melampaui batas-batasnya dalam menghadapi kesalahpahaman yang dirasakan di luar mereka. Wikipedia telah menghadapi masalah vandalisme sejak awal. Anda dapat melihat semua pengeditan yang dibuat, vandalisme dapat dibatalkan dalam sedetik, halaman dapat dikunci, dan situs tersebut dipatroli oleh kombinasi bot dan editor.

Orang-orang telah mencoba memanipulasi Wikipedia sejak awal, dan yang lain berusaha menghentikannya selama itu.

Namun, banyak kegiatan yang dijelaskan Jamie Lin tidak hanya sekedar vandalisme. Beberapa --seperti kedaulatan Taiwan-- adalah tentang menegaskan satu klaim yang disengketakan di atas yang lain.

Yang lain, adalah tentang permainan semantik, terutama dalam bahasa Mandarin, untuk membuat persepsi politik.

Haruskah protes Hong Kong dianggap "menentang" China? Haruskah Anda menyebut komunitas "orang Taiwan keturunan Han", atau "subkelompok China Han, asli Taiwan"?

Di ranah wilayah linguistik seperti inilah banyak pertempuran penyuntingan sengit berkecamuk.

4 dari 5 halaman

Terkoordinasi?

Serangan-serangan itu sering kali bukan pada konten Wikipedia, melainkan komunitas Wikipediannya.

"Beberapa orang mengatakan kepada kami bahwa informasi pribadi mereka telah dirilis, karena mereka memiliki pemikiran yang berbeda," kata Jamie Lin, anggota dewan Wikimedia Taiwan.

Ada juga ancaman pembunuhan yang diarahkan pada user Wikipedia Taiwan. Satu, di Saluran Telegram Wikimedia publik user terkait, bertuliskan "polisi akan menikmati laporan forensik ibumu". Dan pemilihan untuk posisi administrator di Wikipedia, yang memiliki kekuatan lebih besar, juga terbagi menjadi sebuah persaingan geopolitik.

Mengaitkan aktivitas online dengan negara seringkali tidak mungkin, dan juga tidak ada hubungan langsung dan terbukti antara suntingan ini dengan pemerintah China.

"(Tapi) Ini benar-benar masuk akal," Tsui melanjutkan, "bahwa orang-orang dari diaspora, orang China patriotik, sedang mengedit entri Wikipedia ini."

"Tetapi untuk mengatakan itu, berarti kita mengabaikan kemungkinan strategi terkoordinasi struktural yang lebih besar yang dilakukan pemerintah untuk memanipulasi platform ini."

Meskipun tidak terdistribusi, pengeditan dapat terjadi dengan latar belakang di mana sejumlah negara, termasuk China, telah mengintensifkan upaya untuk memanipulasi secara sistematis platform online. Mereka telah melakukannya di Twitter dan Facebook, dan para peneliti di seluruh dunia telah memperingatkan propaganda online yang didukung negara yang menargetkan sejumlah pihak.

Dibandingkan dengan hampir semua platform online lainnya, Wikipedia menjadi target yang menggoda, bahkan jelas.

"Saya sama sekali tidak terkejut," kata Heather Ford, seorang dosen senior dalam budaya digital di Universitas New South Wales, yang penelitiannya berfokus pada penyuntingan politik Wikipedia. Saya terkejut itu telah berlangsung selama ini ... Ini adalah sumber fakta dan pengetahuan yang diprioritaskan tentang dunia."

Tentu saja, setiap negara peduli akan reputasinya.

"China adalah ekonomi terbesar kedua di dunia dan melakukan apa yang akan dicari oleh negara lain dalam status ini," kata Shirley Ze Yu, seorang peneliti senior tamu di London School of Economics.

"Hari ini Tiongkok berhutang kepada dunia, sebuah kisah Tiongkok yang diceritakan dengan sendirinya dan dari sudut pandang China. Saya pikir itu bukan hanya hak istimewa orang China, itu benar-benar tanggung jawab".

Taiwan sendiri terkunci dalam perang pengiriman pesan dengan China, dengan poin geopolitiknya sendiri untuk dibuat dan banyak kesalahpahaman mungkin yang asli, setidaknya di mata orang-orang yang mengeditnya.

Jadi apakah ini sama dengan menceritakan kisah China, atau propaganda online?

Setidaknya di Wikipedia, jawabannya tergantung pada di mana Anda jatuh pada dua ide yang sangat berbeda tentang untuk apa internet itu. Ada filosofi pengetahuan terbuka, sumber terbuka, komunitas yang dipimpin sukarela.

Tetapi sekarang mungkin dihadapkan oleh kekuatan lain: kekuatan online yang terus meningkat dari negara-negara yang perjuangan geopolitiknya untuk mendefinisikan kebenaran sekarang meluas ke tempat-tempat seperti Wikipedia yang telah tumbuh terlalu besar, terlalu penting, untuk diabaikan oleh mereka.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
AS Perpanjang Lisensi untuk Huawei selama 90 Hari
Artikel Selanjutnya
Polisi Hong Kong Akhiri Pengepungan Kampus, 600 Demonstran Menyerahkan Diri