Sukses

Setelah Melania, Kini Hadir Patung Mirip Donald Trump di Slovenia

Liputan6.com, Sela pri Kamniku - Setelah dihebohkan dengan patung menyerupai ibu negara Amerika Serikat, kini patung mirip Donald Trump juga dapat Anda temui jika berkunjung ke Slovenia.

Dikutip dari laman The New York Times, Minggu (1/9/2019), patung itu dibuat seakan-akan mirip dengan Donald Trump meski pun terlihat nyeleneh.

Tampil dengan rambut blonde, jas biru dan dasi merah, patung Donald Trump tersebut dibuat dengan pose ala Patung Liberty.

Tomaz Schlegl, seorang arsitek yang membuat patung tersebut mengatakan bahwa ada visi dan pesan yang jelas di balik pembuatan karya ciptanya tersebut.

"Saya merancang patung itu karena orang-orang sudah lupa apa arti dari Patung Liberty," kata Mr. Schlegl.

"Saya ingin mengingatkan orang akan kebangkitan populisme, dan akan sulit menemukan populis yang lebih besar di dunia ini daripada Donald Trump," tambahnya.

"Sama seperti semua populis, patung ini memiliki dua wajah. Yang satu manusiawi (sosok baik) dan yang satu lagi adalah vampir."

Patung ini baru diresmikan pada Sabtu minggu lalu. Tetapi informasinya sangat cepat beredar. Banyak hujatan yang dilontarkan pengguna media sosial lantaran bentuknya yang sangat jelek.

Pembuatan karya ini menyusul kehadiran sang istri yaitu Melania Trump yang terlebih dahulu telah diresmikan patungnya.

Pada Juli lalu, patung kayu seukuran manusia di pinggiran Sevnica diresmikan. Gagasan itu berasal dari seniman konseptual Amerika berusia 39 tahun, Brad Downey.

Patung Melania Trump itu diukir di dalam pohon menggunakan gergaji mesin dan menggambarkan Melania dalam gaun biru, mengangkat tangan kirinya dengan gerakan melambai, meniru pose yang dia lakukan pada pelantikan suaminya tahun 2017.

 

2 dari 3 halaman

Dianggap Mirip Orang-Orangan Sawah

Gayanya yang agak naif telah menuai beberapa kritik di media sosial yang menganggap patung itu seperti "orang-orangan sawah".

"Saya bisa mengerti mengapa orang mungkin berpikir bahwa patung ini gagal menampilkan gambaran sesungguhnya penampilan fisik (Melania)," kata Downey kepada kantor berita AFP, tetapi seniman itu bersikeras bahwa ia menemukan hasil akhir yang "benar-benar indah".

Sejak Donald Trump menjabat pada tahun 2017, Sevnica yang sepi telah menjadi magnet bagi turis dan wartawan yang mencari wawasan tentang masa lalu ibu negara Amerika.

Para pengusaha local memanfaatkan arus wisatawan itu, dengan menawarkan aneka makanan dan barang dagangan bermerek Melania, serta tur ke daerah tersebut dengan mengunjungi tempat-tempat utama semasa Melania Trump kecil.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Donald Trump Sebut Virus Corona Hoaks Politik
Artikel Selanjutnya
Donald Trump Tunjuk Pakar AIDS untuk Lawan Virus Corona