Sukses

Pakai Sumpit... Ini 5 Langkah Sederhana untuk Mengasah Ketajaman Otak

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini aktivitas yang kita anggap bisa mengasah otak adalah belajar. Memang betul, dengan berlatih kita bisa membuat otak bisa menyimpan banyak memori.

Namun, belajar bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk melatih otak. Ada sejumlah langkah sederhana yang bisa dilakukan agar Anda bisa mewujudkan hal tersebut.

Langkah-langkah sederhana ini bisa Anda lakukan di rumah, tempat kerja atau saat bangun tidur.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Rabu (14/8/2019) berikut 5 cara sederhana agar Anda bisa mempertajam daya ingat otak:

2 dari 6 halaman

1. Berpindah Tangan Selama Aktivitas Sehari-hari

Dalam menjalankan aktivitas, biasanya seseorang akan menggunakan satu tangan secara dominan (baik kanan ataupun kiri).

Namun, ada baiknya aktivitas semacam ini tidak dilakukan pada satu tangan saja, melainkan secara berganti-gantian.

Lewat cara ini otak Anda akan selalu terasah. Menggunakan tangan Anda berlawanan akan memperkuat koneksi saraf di otak Anda.

Anda bisa melakukannya sambil menyikat gigi, mencuci piring, menulis atau menuangkan minuman. Pertama kali Anda melakukannya, mungkin akan sangat sulit, tetapi perlahan-lahan Anda akan terbiasa, dan Anda akan memberikan latihan yang baik pada otak Anda.

 

3 dari 6 halaman

2. Baca Buku dengan Keras

Membaca dengan keras dapat meningkatkan daya ingat Anda. Berbicara dan mendengar diri sendiri akan membantu otak untuk menyimpan informasi.

Anda dapat berlatih hal ini dengan teman atau orang terdekat. Pembacaan semacam ini melibatkan imajinasi dengan cara yang berbeda sehingga sejumlah titik di otak lainnya mulai bekerja.

 

4 dari 6 halaman

3. Makan dengan Sumpit

Melibatkan area terkonsentrasi sel-sel saraf di ujung jari dapat merangsang otak. Aktivitas ujung jari, seperti menggunakan sumpit, membantu otak Anda meningkatkan sirkulasi. Ditambah makan dengan penuh perhatian dapat membantu proses pencernaan Anda dan membantu mengendalikan kalori.

5 dari 6 halaman

4. Bangun dan Cium Aroma Vanila

Banyak dari kita bangun di pagi hari dan minum kopi. Anda bisa mengubah rutinitas pagi tersebut dengan mengganti sesuatu yang berbeda.

Ini bisa berupa aroma vanila atau mawar. Simpan ekstrak aroma favorit Anda selama seminggu dan buka ketika Anda bangun di pagi hari.

Caranya sangat mudah dan dijelaskan dalam buku Keep Your Brain Alive: 83 Neurobic Exercises to Help Prevent Memory Loss and Increase Mental Fitness, dijelaskan bahwa aktifitas itu bisa membantu mencegah kehilangan memori dan meningkatkan kebugaran Mental oleh Larry Katz dan Manning Rubin. Dengan mencium bau baru di pagi hari, Anda dapat mengaktifkan jalur saraf baru.

6 dari 6 halaman

5. Mengepalkan Tangan

Para psikolog AS mengatakan bahwa mengepalkan tangan kanan selama 90 detik membantu dalam pembentukan memori. Gerakan yang sama di sebelah kiri dapat meningkatkan daya ingat memori.

Kesimpulan ini dibuat setelah percobaan dengan 50 orang dewasa yang berkinerja lebih baik dalam mengingat kata-kata dari daftar panjang, sambil mengepalkan tangan mereka.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Aktivitas Sederhana yang Ternyata Bisa Latih Otak Lebih Baik
Artikel Selanjutnya
Amoeba Pemakan Otak Renggut Nyawa Pria AS Usai Berenang di Danau