Sukses

Hari ke-9 Pencarian Gadis Irlandia Hilang di Malaysia, Tim SAR Tambah Personel

Liputan6.com, Malaysia - Polisi dan tim SAR Malaysia menambah personel pada hari ke-9 pencarian seorang gadis berkebutuhan khusus asal Irlandia yang hilang, Nora Anne Quoirin, untuk memperluas daerah penyisiran. Lebih dari 348 personel SAR saat ini terlibat dalam operasi pencarian Nora.

Dilansir dari nst.com, Senin (12/8/2019), di antara agen-agen yang terlibat adalah berbagai unit dari polisi termasuk pasukan elit VAT 69 - Senoi Praaq, K9, Departemen Pemadam Kebakaran, Departemen Kehutanan, serta para sukarelawan dari Malaysia.

Bahkan saat ini, untuk pertama kalinya media diundang untuk bergabung dalam operasi pencarian di Gunung Berembun. 

Personel SAR melakukan pencarian dalam radius 10 kilometer dari Gunung Berembun, meskipun hujan badai baru-baru ini menghambat usaha penyelamatan gadis Irlandia tersebut. Sebab, tanah menjadi licin dan berlumpur, namun aparat mengatakan bahwa operasi akan tetap dilanjutkan seperti yang direncanakan walau kondisi cuaca sulit. 

2 dari 4 halaman

Belum Ada Petunjuk Jelas

Dilansir dari thesun.co.uk, polisi mengatakan bahwa mereka tidak memiliki petunjuk yang jelas dan bisa dipercaya. Bagaimanapun aparat polisi yang melakukan operasi mengungkapkan bahwa mereka tidak memiliki pertanda dan merasa khawatir dengan keselamatan Nora, ditakutkan bahwa gadis tersebut diculik di hutan Dusun hingga polisi memeriksa para pedofilia setempat. 

"Kami sungguh mengkhawatirkan mengenai keselamatannya (Nora). Kami tidak tahu berapa lama ia (Nora) bisa bertahan. Tim bekerja dengan tekun siang dan malam untuk mencarinya secepatnya," ujar Kepala Polisi, Mohamad Bin Mat Yusof. 

Di sisi lain, ada orang yang dengan sengaja menggalang dana untuk membantu dengan memberi donasi kepada keluarga Nora sebagai dukungan pada upaya pencarian.

3 dari 4 halaman

Galang Dana untuk Nora

Dikutip dari bbc.com, lebih dari 100.000 poundsterling uang telah didonasikan untuk membantu keluarga Nora. Dua situs crowdfunding digunakan untuk mengumpulkan dana agar pencarian Nora dapat terus berlanjut. 

Lebih dari 89.000 poundsterling telah didonasikan kepada laman yang telah disiapkan bibi Nora, sementara situs/laman lainnya yang disiapkan paman Nora agar orang bisa membayar dengan mata uang Euro, telah memperoleh dana lebih dari 14.000 euro atau sekitar 13.000 poundsterling. 

Diketahui, Nora adalah gadis berkebutuhan khusus yang mengidap penyakit holoprosencephaly atau kondisi aneh di mana otak tidak memisah menjadi otak kiri dan kanan, yang memiliki dampak pada perkembangan otak.  

Nora diketahui sedang berlibur bersama dengan keluarganya di Malaysia, kemudian diketahui ia hilang tiba-tiba secara misterius di resort yang telah disewa keluarganya. Ia diduga memanjat keluar jendela dari tempatnya menginap bersama keluarganya dan berkelana sendirian. 

 

Reporter: Hugo Dimas

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Malaysia Ringkus 37 WNI di Kuala Lumpur, Diduga Langgar UU Imigrasi
Artikel Selanjutnya
Sistem Bandara Kuala Lumpur Terganggu, Operasional Kacau Balau