Sukses

Bukan Tubuh, 5 Pertanda Ini Bukti Jiwa yang Lelah

Terkadang lelahnya tubuh seseorang akan berpengaruh ke dalam pikiran hingga menyebabkan perubahan diri seseorang.

Liputan6.com, Jakarta - Di dunia modern ini melibatkan pekerjaan yang konstan, stres, ketegangan, hingga menyebabkan manusia kurang tidur dan olahraga yang tepat. Efeknya bisa sakit dan membutuhkan bantuan seperti obat.

Kelelahan dapat berpengaruh pada pikiran hingga membuat orang tidak memiliki perasaan yang baik untuk melakukan sesuatu.

Ternyata apa yang dialami oleh manusia sebenarnya bukan badan yang merasa letih, melainkan jiwa yang mengalami kelelahan.

Dilansir oleh Brightside.com, terdapat tanda-tanda jiwa yang lelah. Mungkin tampak tidak penting, tetapi dapat menciptakan ketidaknyamanan dan masalah besar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Menjadi Lelah Setelah Tidur Semalaman Penuh

Tak banyak seseorang yang mengalami sulit untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari, padahal telah tidur dengan waktu yang tepat. Ini adalah satu pertanda bahwa jiwanyalah yang lelah.

Anda telah pulih secara fisik, tetapi sulit untuk memulihkan jiwa dengan tidur. Akibatnya, kelelahan kronis muncul dan dapat menghabiskan sepanjang hari berjuang untuk melakukan sesuatu dengan diri sendiri yang lelah.

3 dari 7 halaman

2. Melamun dan Melarikan Diri dari Kenyataan

Jika sesorang merasa ingin melarikan diri dari kenyataan dan memimpikan kehidupan yang berbeda, berarti telah mengalami anda-tanda kelelahan.

Seperti memikirkan masa lalu dan takut akan masa depan. Hal utama adalah bahwa sesorang tidak menyukai momen saat ini dan mencoba mengalihkan perhatian darinya dengan segala cara yang memungkinkan.

Tetapi pelarian dapat membahayakan, sebab masih harus kembali ke tugas sehari-hari dan ketidakpuasan atas kenyataan yang berbeda dari mimpi.

4 dari 7 halaman

3. Emosi yang Berubah-Ubah

Ketidakpuasan, kelelahan, dan ketidakpedulian dapat memengaruhi emosi. Seberapa sering sesorang tersebut marah, tersinggung pada sesuatu yang kecil, menangis atau tertawa tanpa alasan juga menjadi salah satu jiwa sesorang lelah.

Hidup menjadi lebih sulit dengan emosional tersebut dan memaksa untuk mencari konflik lebih dari sekadar berusaha mencapai kedamaian dan pemahaman dengan orang lain.

5 dari 7 halaman

4. Menutupi Kesedihan

Jangan berpikir bahwa menyembunyikan rasa sakit dan berpura-pura baik-baik saja adalah cara yang baik untuk menyelesaikan masalah. Jika kegiatan ini terus dilakukan berarti sama saja telah membohongi perasaan diri sendiri, padahal hancur didalam.

Kebanyak manusia menutupinya dengan tersenyum dan menghabiskan energi ekstra untuk mencoba menciptakan ilusi sukacita ketika sebenarnya jiwamu menangis. Pada akhirnya hal ini menjadi sia-sia dan tidak punya kekuatan untuk berpura-pura semuanya baik-baik saja.

6 dari 7 halaman

5. Keinginan untuk Bersembunyi dari Orang Lain

Untuk menenangkan pikiran mungkin bersembunyi dari orang-orang di sekitar adalah cara yang terbaik. Sayangnya, itu menjadi pertanda jiwa yang lelah.

Seperti duduk di sudut ruangan untuk melindungi diri orang lain atau menampilkan diri menjadi tidak menarik. Pada akhirnya diri sendiri menjadi tertekan oleh komunikasi yang tidak diinginkan. Seseorang masih perlu menjaga percakapan sehari-hari dan tetap dekat dengan orang lain, bahkan jika ditinggal seharian.

7 dari 7 halaman

6. Berpikir Negatif

Apakah pernah memiliki perhatian pada sesuatu yang kecil, kejadian lucu, dan mencoba menciptakan momen bahagia?

Jika terbiasa berfokus pada pengalaman negatif dan buruk, akan membuat sesorang menderita kelelahan. Selalu ingatlah hal positif yang akan jauh lebih baik. Itu memengaruhi suasana hati dan menciptakan perasaan bahagia.

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.