Sukses

5 Negara Penghasil Limbah Plastik Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, plastik adalah masalah serius yang mengancam keselamatan Bumi. Bayangkan saja, tumpukan sampah menghambar aliran air di sungai sehingga menimbulkan banjir, bahkan merusak ekosistem laut.

Keselamatan Bumi harus tetap dijaga. Sebab, anak cucu kita di masa mendatang harus tetap hidup di Bumi yang bersih dan bebas dari sampah plastik.

Sejumlah negara ini masuk dalam daftar penghasil sampah plastik terbanyak di dunia. Bukan itu saja, negara ini ada yang termasuk sebagai pengekspor dan pengimpor sampah plastik.

Seperti dikutip dari laman indiatimes.com, Senin (15/7/2019) berikut 6 negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia:

 

2 dari 8 halaman

1. China

Selama bertahun-tahun, China adalah pusat 'sampah' karena mengimpor sampah dari beberapa negara di dunia, tetapi itu berubah setelah Beijing melarang 24 jenis memo memasuki perbatasannya mulai Januari 2018 lalu.

Larangan ini dipuji sebagai kontribusi besar-besaran dalam upaya penghijauan oleh para pencinta lingkungan, tetapi hanya karena tidak mengimpor limbah dari negara lain, tidak berarti bahwa negara itu tidak menghasilkan sampah sendiri.

Dengan jumlah penduduk yang telah menyentuh angka miliaran orang, tak heran jika negara ini menduduki peringkat pertama sebagai penghasil sampah plastik di dunia.

 

3 dari 8 halaman

2. Indonesia

Pada 201, seorang penyelam menangkap sebuah gambar yang menyedihkan tentang lingkungan Indonesia.

Keadaan menyedihkan tentang bagaimana plastik mengambil alih pantai dan seluruh garis pantai adalah yang disorot oleh penyelam tersebut.

Dalam hal pengelolaan limbah plastik, Indonesia adalah salah satu yang terburuk di dunia.

 

4 dari 8 halaman

3. Inggris

Sekarang banyak peneliti dan ilmuwan mengatakan dunia akan segera dibanjiri limbah plastik, tahu akan hal itu Inggris memiliki peran besar untuk menghentikannya.

Sebab, negara itu juga menduduki sebagai penghasil limbah plastik terbesar.

Awalnya, negara ini hanya mengekspor semua limbahnya ke tempat-tempat seperti China dan negara-negara lain. Tetapi sekarang China melarang impor 30 jenis limbah, termasuk plastik.

 

5 dari 8 halaman

4. Filipina

Filipina adalah salah satu dari lima negara yang menghasilkan setengah dari sampah plastik dunia.

Data dari studi tahun 2015 menunjukkan bahwa Filipina membuang 6.237.653 kg (6875,84 ton) plastik per hari, di mana 81 persen salah kelola, klaim PBB.

 

6 dari 8 halaman

5. Thailand

Bukan hanya paus pilot yang mati setelah menelan plastik, sejumlah hewan juga pernah jadi korban keganasan sampah plastik.

Thailand gagal total dalam pengelolaan limbah plastiknya dan berada di antara konsumen plastik terkemuka di dunia. Insiden paus mati hanya menyoroti beberapa kasus serius. Sebelumnya ada kasus-kasus lain.

 

7 dari 8 halaman

6. Vietnam

Beberapa pantai di Vietnam memiliki lebih banyak plastik daripada pasir. Itu adalah kalimat yang menggambarkan betapa buruknya keadaan itu.

Helm plastik, perabot plastik hingga botol adalah beberapa elemen yang telah mengambil alih keindahan pantai di Vietnam.

8 dari 8 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bawa Plastik Sekali Pakai ke Kawasan Gunung Everest, Nepal Bakal Beri Sanksi
Artikel Selanjutnya
Aksi Cerdik Remaja Surabaya Kembangkan Sampah Jadi Belasan UKM