Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Menyeramkan, Rambut Boneka Jepang Ini Tetap Tumbuh Meski Sudah Dipotong

Liputan6.com, Tokyo - Banyak dari anak-anak atau orang dewasa yang menyukai boneka. Sebab, mainan yang satu ini bisa menghibur seseorang yang menyukainya.

Namun tidak semua boneka itu lucu. Ada juga yang menyeramkan.

Di Jepang, ada boneka berusia tua bernama Okiku. Boneka perempuan ini berada di kuil Mannenji di Iwamizawa, Jepang. Ia dikaitkan dengan roh seorang gadis kecil yang memiliki masa lalu suram.

Dikutip dari laman Scientificmystery.com, Senin (8/7/2019) boneka kecil ini disimpan di dalam kotak di kuil.

Ukuran boneka itu kira-kira 40 sentimeter. Yang membuatnya semakin menakutkan saat rambutnya yang selalu tumbuh, meski sudah dipangkas secara rutin.

Penjaga kuil itu rutin memangkas rambutnya setiap tahun agar tetap sepundak. Tetapi, setahun kemudian rambuhnya menyentuh lutut.

Legenda Okiku

Menurut sebuah legenda, seorang bocah lelaki berusia tujuh belas tahun, Eikichi Suzuki, membeli boneka itu untuk adik perempuannya, pada tahun 1918.

Kakak perempuannya yang berusia tiga tahun bernama Kikuko. Dia menyukai boneka itu dan membawanya ke mana pun dia pergi.

Suatu hari Kikuko kecil meninggal akibat demam dan influenza yang parah. Untuk membuat Kikuko selalu bahagia, orangtuanya turut membawa boneka itu hingga pemakaman putrinya.

Setelah beberapa waktu, keluarga itu melihat sesuatu yang aneh dengan boneka itu. Rambut hitam legam mulai tumbuh hari demi hari.

Rambut boneka itu semula sebahu, lalu tumbuh ke bawah hingga menyentuh lutut boneka itu. Keluarga percaya bahwa roh sang anak entah bagaimana telah menghuni boneka itu.

Keluarga Kikuko pindah dari Hokkaido, Jepang untuk menetap di Sakhalin. Karena keluarga itu tidak ingin membuang boneka itu, mereka membawanya ke Kuil Mannenji.

Setelah mendengarkan kisah misterius dari rambut boneka yang tumbuh, pastor setuju untuk menyimpan boneka itu di kuil. Boneka itu diamankan dalam kotak kayu.

2 dari 2 halaman

Okiku Hari Ini

Hingga saat ini, boneka itu ada di kuil, dan rambutnya terus tumbuh secara misterius, tidak peduli seberapa sering dipangkas.

Misteri rambutnya belum terpecahkan. Sementara beberapa menyebutnya tipuan, yang lain percaya itu bisa menjadi fenomena supernatural.

Sampel rambut boneka diambil dan dianalisa. Ditemukan bahwa rambut itu sebenarnya milik anak manusia, tetapi tidak menunjuk ke hal supernatural.

Kisah Okiku telah diadaptasi, film, dan drama tradisional Kabuki.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang
  • Okiku
Loading
Artikel Selanjutnya
Penumpang Tak Pakai Sabuk Pengaman, Sopir yang Kena Getahnya
Artikel Selanjutnya
Lebih Dekat dengan Naruhito, Kaisar Jepang yang Baru