Sukses

Video Viral Ini Kuak Rahasia Tersembunyi di Balik Kaleng Minuman Soda

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda bahwa ada sekitar 180 miliar kaleng aluminium yang diproduksi setiap tahun dan biasa digunakan untuk minuman soda? Di balik sebuah silinder logam tersebut juga ada ancaman tersembunyi.

Seperti dikutip dari Science Alert, Rabu (22/5/2019), selama beberapa dekade, produsen kaleng aluminium telah melapisi bagian dalam kaleng mereka dengan plastik. Mengapa? Untuk melindungi minuman dari kaleng dan juga sebaliknya.

Dengan mengisolasi minuman di dalam kaleng dari logam kaleng itu sendiri, lapisan ini mencegah asam dan bahan kimia lain yang terkandung dalam minuman dari korosi aluminium.

Sementara pada saat yang sama, lapisan pun turut melindungi aluminium dari berinteraksi dengan cairan semacam soda, sehingga rasa minuman tak terkontaminasi logam.

Beberapa pabrikan memakai sejumlah jenis polimer atau pelapis epoksi (mengandung atom oksigen dalam lingkar organik) untuk maksud tersebut.

Bila Anda ingin mengungkap pelapis tersembunyi ini yang ada di dalam kaleng, Anda bisa melakukannya dengan melarutkan aluminium di bagian luar.

Sebuah video yang dibuat oleh perusahaan pendidikan sains, MEL Science, mengungkapkan cara termudah untuk melakukannya. Namun yang perlu diingat, harus ekstra hati-hati dan tidak boleh dijalankan di dalam rumah.

Hal itu karena tekniknya melibatkan bahan kimia berbahaya dan menghasilkan asap, sehingga membutuhkan bangunan berventilasi yang sangat baik atau area terbuka. Meskipun demikian, teknik ini relatif sederhana untuk dilakukan.

Bahan yang Anda butuhkan hanyalah minuman soda kaleng yang masih baru, amplas, gelas kaca berukuran besar yang bisa dimasukkan oleh kaleng itu, drain cleaner (mengandung larutan natrium atau kalium hidroksida), sebuah batang kayu, dan wadah kaca jumbo.

Anda harus menggunakan alat pelindung seperti sarung tangan, kacamata, dan masker gas.

 

2 dari 3 halaman

Simak Videonya

Bila seluruh bahan tersebut sudah siap, langkah pertama yang dilakukan adalah gosok permukaan luar kaleng dengan kertas amplas sampai catnya terkelupas semua dan tersisa warna perak yang mengkilap.

Kemudian, Anda dapat membuka kaleng dengan menarik cincinnya. Biarkan soda tetap berada di dalamnya. Angkat kaleng dengan batang kayu dan gantung di bibir gelas kaca berukuran besar tadi.

Masukkan drain cleaner ke dalam gelas tersebut hingga menutupi badan kaleng, tapi jangan sampai ke permukaan atas kaleng.

Setelah dua jam atau lebih, aluminium di kaleng ini akan sepenuhnya larut, dan Anda akan melihat hasil mengejutkan melalui videonya di bawah ini:

3 dari 3 halaman

Tersedia di Media Sosial

Para penggemar sains sebelumnya pernah memamerkan hasil dari teknik ini selama bertahun-tahun dan menyebarkannya di media sosial, mengungkapkan plastik tersembunyi yang ada di balik kaleng.

Penggunaan plastik tertentu dalam lapisan ini juga telah menjadi penyebab keprihatinan ilmiah, dengan beberapa penelitian menunjukkan kaleng yang dilapisi BPA dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kisah Perempuan yang Menikah dengan Sebuah Jembatan
Artikel Selanjutnya
Kisah Pulau Kecil di Laguna Venesia, Tempat Paling Berhantu di Dunia