Sukses

Putin hingga Trump, 6 Pemimpin Dunia dengan Pengawalan Paling Ketat

Jika sejumlah pemimpin negara pemiliki kualitas penjagaan yang ketat, maka beberapa pemimpin negara ini punya level penjagaan yang sangat-sangat ketat.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pemimpin negara, wajar jika seorang presiden hingga perdana menteri memiliki pengawalan khusus. Mulai dari melakukan kunjungan kerja hingga urusan pribadi saat liburan, mereka pasti dikawal oleh para penjaga.

Namun, ada yang membedakan. Jika sejumlah pemimpin dunia pemiliki kualitas penjagaan yang ketat, maka beberapa pemimpin negara ini punya level penjagaan yang sangat-sangat ketat.

Bukan hanya puluhan, namun jumlahnya ada yang diklaim mencapai 100 ribu petugas keamanan.

Seperti dikutip dari laman Toptenz, Senin (6/5/2019), berikut 6 pemimpin dunia dengan tingkat penjagaan paling ketat:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Vladimir Putin

Konon, Rusia menyimpan banyak rahasia. Agen rahasianya tersebar di seluruh dunia. Oleh karenanya, negara ini disebut-sebut tahu akan segala hal berkaitan dengan suatu negara.

Tentunya, hal ini berkaitan langsung dengan keamanan dari pemimpin negara tersebut. Vladimir Putin yang selama beberapa periode memimpin Rusia menjadi pemimpin dunia yang mendapat pengawalan ketat.

Tidak ada yang tahu persis seberapa kuat agensi itu, tapi mereka sangat terkenal di seluruh dunia.

3 dari 7 halaman

2. Donald Trump

Presiden Amerika Serikat selalu berada di urutan teratas dalam daftar sasaran, itulah sebabnya prosedur keamanan di sekitar Donald Trump jadi salah satu yang terbaik di dunia.

Sejumlah pria dengan wajah sangat sambil menggunakan earphone adalah sebagian kecil dari pihak yang mengamankan POTUS.

Dua pesawat Angkatan Udara yang digunakan Trump untuk perjalanan udara adalah salah satu pesawat paling aman di dunia.

4 dari 7 halaman

3. Kim Jong-un

Ketika Kim Jong-Un mengunjungi Singapura pada tahun 2018, ia didampingi oleh para penjaga sigap yang tampak mirip dengan petugas Dinas Rahasia AS.

Untuk menjadi petugas pengawal Kim Jong-un, maka seseorang tersebut harus masuk kualifikasi sebagai yang terbaik dari yang terbaik.

Satuan itu dikenal sebagai Secret Service yang beranggotakan kurang dari 7.000 personil, meski Korut mengklaim jumlahnya lebih dari 100 ribu orang.

5 dari 7 halaman

4. Xi Jinping

Sebagai tokoh utama Tiongkok, tidak heran Xi Jinping datang dengan penjagaan yang sangat ketat. Dia dan para petinggi Partai Komunis lainnya dilindungi oleh unit pengawal elit yang disebut Biro Keamanan Pusat, yang merupakan organisasi sangat rahasia.

Mayor Jenderal Wang memegang posisi yang sangat berpengaruh di China, karena Biro Penjaga Pusat memiliki ribuan pasukan elit yang bertugas melindungi petinggi negara dan keluarga dari pejabat negara.

6 dari 7 halaman

5. Shinzo Abe

Shinzo Abe adalah salah satu pemimpin dunia yang didampingi oleh pengawal bahkan ketika dia mengunjungi kuil.

Saat melakukan perjalanan luar negeri sang perdana menteri Jepang membutuhkan staf keamanan sebanyak 9.000 orang.

7 dari 7 halaman

6. Recep Tayyip Erdogan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mungkin bukan orang yang paling dijaga ketat dalam daftar ini, tetapi detail keamanannya jelas salah satu yang paling gila-gilaan.

Erdogan memiliki pengawal khusus sebanyak 60 orang yang dikenal sebagai "The Moustacheers".

Nama itu punya makna tersendiri. The Moustacheers adalah pria kekar yang memiliki kumis serta menakutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.