Sukses

Nyaris Rp 300 Ribu Per Bungkus, Ini 5 Negara dengan Harga Rokok Termahal

Liputan6.com, Jakarta - Di sejumlah negara, rokok menjadi musuh terbesar. Pemerintah sengaja memberlakukan aturan ketat agar warganya tidak merokok atau merokok di kawasan umum.

Selain mencemari udara, rokok juga berbahaya bagi masyarakat. Sebab, rokok bisa menyebabkan penyakit berbahaya, hingga kematian.

Salah satu upaya menekan angka merokok, pemerintah di sejumlah negara ini menaikkan harga rokok. Bahkan, ada harga rokok yang nyaris menyentuh Rp 300 ribu.

Lalu negara mana saja yang memberlakukan peraturan demikian? Seperti dikutip dari laman ladbible.com, Rabu (20/2/2019), berikut 5 negara dengan harga rokok termahal:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 6 halaman

1. Australia

Australia adalah negara yang menjual rokok paling mahal di dunia. Negeri Kanguru ini punya cara khusus agar warganya tidak merokok di sembarangan tempat.

Mengingat, rokok menyebabkan permasalahan kompleks pada tubuh. Mulai dari kanker, jantung dan penyakit lain.

Untuk harga satu bungkus rokok di Australia rata-rata dijual dengan harga 14,80 Pound Sterling atau setara dengan Rp 271 ribu.

3 dari 6 halaman

2. Selandia Baru

Menyusul Australia, si negara tetangga juga mematok harga fantastis untuk sebungkus rokok. Sama seperti Australia, Selandia Baru melarang warganya untuk merokok demi alasan kesehatan.

Lokasi bagi para perokok pun dipisah. Bagi mereka yang melanggar aturan merokok (merokok sembarangan) maka akan dikenakan denda.

Satu bungkus rokok rata-rata dijual dengan harga 13,10 Pound Sterling atau setara dengan Rp 240 ribu.

4 dari 6 halaman

3. Inggris

Negara selanjutnya yang juga menetapkan harga rokok mahal adalah Inggris. Di negara ini, rokok dijual dengan harga 10 Pound Sterling atau setara Rp 183 ribu.

5 dari 6 halaman

4. Amerika Serikat

Menyusul di peringkat selanjutnya adalah Amerika Serikat. Di New York, harga satu bungkus rokok semula tujuh Pound Sterling.

Namun, kebijakan berubah. Harga rokok dinaikkan menjadi 9,7 Pound Sterling. Harga rokok sengaja dinaikkan oleh wali kota New York, agar menyadarkan masyarakatnya.

6 dari 6 halaman

5. Islandia

Rata-rata harga rokok: Rp 125.131 per bungkus.

Selain harga yang mahal, rokok juga menjadi salah satu barang dengan pengawasan yang sangat ketat di Islandia.

Mereka yang ingin membeli rokok harus menunjukkan kartu identifikasi sebagai bukti bahwa sudah berusia diatas 18 tahun. Merokok di tempat umum juga dilarang di Islandia.

Negara dengan Harga Rokok Termurah

Sementara itu, harga satu bungkus rokok paling murah ada di Vietnam, Ukraina, Filipina dan Pakistan.

Untuk Vietnam sendiri, satu bungkus rokok dijual dengan harga 0,82 Pound Sterling, boleh dibilang paling murah dibanding negara di atas.

Polisi Selidiki Penyerangan 5 Masjid di Birmingham
Loading
Artikel Selanjutnya
Desakan Tidak Libatkan Anak dalam Audisi Beasiswa Perusahaan Rokok Ini
Artikel Selanjutnya
Dugaan Eksploitasi 23 Ribu Anak untuk Promosi Rokok