Sukses

Selain Unicorn, Ini 4 Makhluk Mitos yang Konon Pernah Dikuak Sains

Liputan6.com, Jakarta - Unicorn merupakan makhluk legenda berbentuk kuda dengan tanduk di dahinya. Digadang-gadang sebagai salah satu makhluk mitos paling terkenal di dunia.

Beberapa teori bahkan menyatakan bahwa hewan tersebut secara bertahap sudah berevolusi. Dalam laporan awal di abad keempat, dokter Yunani Ctesias pernah mencatat tentang hal itu.

Bahkan, unicorn yang sering digambarkan sebagai kuda bertanduk satu ini banyak dibahas oleh beberapa tokoh seperti Aristoteles, Julius Caesar, hingga Marco Polo.

Para peneliti juga meyakini keberadaan hewan ini seiring dengan ditemukannya isi kitab suci Perjanjian Lama yang menyebutkan tentang hewan ini.

Ternyata, bukan hanya unicorn yang tercatat sebagai makhluk mitos. Ada sejumlah makhluk lain yang jadi misteri dan legenda dan konon pernah dikuak oleh sains. Berikut selengkapnya, seperti dikutip dari laman theportalist.com, Senin (18/2/2019):

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 5 halaman

1. Putri Duyung

Selama berabad-abad, penampakan putri duyung pernah diakui oleh sejumlah orang. Bahkan, Christopher Columbus mengaku pernah melihat makhluk mitologi itu.

Konon, putri duyung adalah manusia setengah ikan yang mempunyai paras cantik. Putri duyung kerap dikaitkan dengan peristiwa berbahaya seperti banjir, badai, kapal karam dan penenggelaman.

Pada tradisi lainnya (atau terkadang dalam tradisi yang sama), putri duyung digambarkan memiliki sifat baik dan pemurah, menganugerahkan hadiah atau jatuh cinta pada manusia.

Kisah putri duyung muncul dalam cerita rakyat dari berbagai budaya di seluruh dunia, meliputi Eropa, Afrika, dan Asia. Kisah pertamanya muncul pada masa Asiria Kuno, tentang seorang dewi bernama Atargatis yang mengubah wujudnya menjadi seorang putri duyung lantaran malu telah membunuh kekasihnya tanpa sengaja.

Masyarakat Babilonia juga menyembah putri duyung sebagai dewa laut yang dikenal sebagai Ea atau Oannes; Oannes digambarkan sebagai duyung jantan.

 

3 dari 5 halaman

2. Kiklops

Konon, Kiklops adalah makhluk dalam mitologi Yunani yang bertubuh raksasa dan memiliki satu mata. Awalnya hanya ada tiga Kiklops yang merupakan anak dari Gaia dan Uranus. Mereka adalah Arges, Brontes dan Steropes.

Karena penampilan mereka yang mengerikan, Uranus memenjarakan para Kiklops di Tartaros bersama Hekatonkhire.

Para Kiklops dibebaskan dari Tartaros oleh Zeus yang membutuhkan bantuan dalam perang melawan para Titan. Kiklops yang memang ahli dalam menempa besi kemudian membuatkan petir untuk Zeus, trisula untuk Poseidon, dan helm gaib untuk Hades.

Setelah dewa-dewa Olimpus memenangkan perang, para Kiklops bekerja bersama Hefaistos, dewa api dan pandai besi. Salah satu Kiklops yang terkenal adalah Polifemos, yang pernah berkonfrontasi dengan Odisseus.

 

4 dari 5 halaman

3. Naga Laut

Naga laut adalah sejenis monster laut yang sebagian atau seluruh tubuhnya berwujud seperti ular. Penampakan naga laut telah dilaporkan selama ratusan tahun, dan masih diklaim hingga sekarang.

Kisah naga laut telah ada sejak zaman dulu, dituturkan melalui mitos dan legenda. Dalam mitologi Nordik, Jörmungandr, atau "Midgarðsormr" adalah naga laut yang sangat panjang, bahkan mampu melingkupi seluruh dunia.

5 dari 5 halaman

4. Nessie

Nessie adalah sebutan terhadap mitos keberadaan monster yang disebut-sebut mendiami Danau Loch Ness di Skotlandia.

Makhluk ini mempunyai leher yang panjang dan diklaim sejumlah orang kerap menampakan rupanya, meski hanya hitungan detik.

Loading
Artikel Selanjutnya
50 Unicorn Baru Bakal Lahir di Dunia
Artikel Selanjutnya
Valuasi Unicorn Dunia Setara GDP Indonesia