Sukses

Jangan Coba Tanyakan Hal Ini ke Orang Lain, Anda Bisa Dianggap Tak Sopan

Pertanyaan ini tidak boleh ditanyakan. Sebab konsekuensinya Anda bisa dianggap tak sopan.

Liputan6.com, Jakarta - Basa-basi memang sangat diperlukan untuk membina hubungan yang baik, dengan siapapun. Namun sangat penting untuk mengetahui pertanyaan apa saja yang tidak boleh ditanyakan kepada orang lain, agar kita tetap dianggap sebagai pribadi yang sopan.

Berikut adalah lima pertanyaan yang tidak boleh ditanyakan kepada orang yang baru saja dikenal, dilansir dari Bright Side, Jumat (8/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Berapa Gajimu?

Pertanyaan terkait pendapatan dianggap sensitif oleh sebagian orang. Hal itu karena sebagian orang melakukan pekerjaan karena menyukainya, bukan demi uang.

Jika Anda ingin mengetahui berapa banyak pendapatan seorang teman, akan lebih baik jika mencari tahu beberapa ahli atau orang terkenal dalam bidang yang sama, dan berapa rupiah yang dihasilkan oleh mereka.

3 dari 6 halaman

2. Kapan Menikah?

Jika teman Anda tidak berbagi cerita tentang hubungannya dengan pasangan, akan lebih baik jika tidak bertanya kapan mereka akan menikah. Karena bisa jadi, mereka tengah memiliki masalah yang tidak ingin diceritakan kepada siapapun, atau berkeputusan untuk tidak menikah.

Anda juga sebaiknya tidak menanyakan kalimat serupa kepada teman yang selalu sendiri. Bisa jadi, ia memang tidak ingin memikirkan pernikahan dalam waktu dekat.

4 dari 6 halaman

3. Kapan Punya Anak?

Pertanyaan ini, akan sangat sensitif bagi pasangan yang telah lama sudah berusaha namun memang belum dikaruniai anak. Pertanyaan Anda akan dianggap sindiran yang menyakiti hati mereka.

Selain itu, beberapa pasangan bisa jadi memutuskan untuk tidak memiliki anak.

5 dari 6 halaman

4. Apakah itu ibumu?

Jika tidak mengetahui secara pasti hubungan apa yang dimiliki orang-orang di sekitar Anda, sebaiknya jangan mencoba-coba menebak di depannya langsung.

Pertanyaan Anda bisa jadi keliru, misalnya menyebut kakak perempuannya sebagai ibu, mengira ayah sebagai pacar, atau sejenisnya. Akan jauh lebih bijaksana jika Anda mengamati dalam diam perilaku dan ucapan mereka.

6 dari 6 halaman

5. Bertanya Negatif tentang Penampilan

Jangan sekali-kali bertanya dengan nada negatif terkait penampilang seseorang, misalnya: "Memangnya tidak sakit memakai sepatu seperti itu?"

Pertanyaan demikian akan membuat kepercayaan diri mereka menurun. Meskipun demikian, Anda tetap dapat bertanya terkait penampilan seseorang jika memang itu berhubungan dengan kesehatan, baik fisik maupun jiwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.