Sukses

Huntsman Mundur dari Pemilihan Capres Partai Republik

Jon Huntsman memutuskan mundur dari bursa pencalonan presiden Amerika Serikat dari Partai Republik. Ia akan mendukung calon presiden AS lainnya, Mitt Romney.

Liputan6.com, Washington: Jon Huntsman memutuskan mundur dari bursa pencalonan presiden Amerika Serikat dari Partai Republik. Ia akan mendukung calon presiden AS lainnya, Mitt Romney. Huntsman mengumumkan kemunduran dirinya di hadapan para pendukungnya di South Carolina, Senin (16/1) waktu setempat.

Huntsman adalah mantan Gubernur Utah yang juga menjabat sebagai duta besar AS untuk Cina di bawah pemerintahan Presiden Barack Obama. Huntsman berakhir di posisi ketiga pada tiga pekan lalu saat pemilihan suara New Hampshire dengan 17 persen suara. Namun, dalam jajak pendapat terbaru menunjukkan dukungan tingkat nasional terhadapnya melambung beberapa persen.

Beberapa jajak pendapat lainnya juga memperkirakan Huntsman sebagai calon paling sukses di ajang primer mendatang di South Carolina. Huntsman dan Romney awalnya bersaing untuk memperoleh dukungan dari pemilih Partai Republik yang berangkat dari moderat.

Mundurnya Huntsman akan meninggalkan Romney sebagai satu-satunya calon moderat yang melawan empat konservatif dalam pemilihan nominasi Partai Republik. Hal ini bisa membangun momentum lebih lanjut untuk Romney, mantan gubernur Massachusetts, yang sudah memenangkan kedua pemilihan pertamanya.(NHK/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini