Sukses

5 Hewan yang Mampu Bertahan Hidup Meski Tidak Makan

Liputan6.com, New York - Untuk bertahan hidup, berkembang dan tumbuh, makhluk hidup memerlukan makanan. Baik itu manusia, hewan maupun tumbuhan. Sejatinya makanan adalah kebutuhan pokok yang selalu dan harus penuhi.

Namun, ada sejumlah hewan yang dapat bertahan hidup hingga berbulan dan bertahun-tahun tanpa makanan. Terdengar tidak mungkin, tetapi sejumlah penelitian membuktikan bahwa itu benar-benar terjadi.

Sejumlah hewan ini tentu punya keinginan untuk makan. Jika ada mangsa di hadapannya bisa langsung ia santap. Tetapi, jika dalam kondisi terdesak dan tidak ada makanan, mereka bisa bertahan hidup.

Seperti dikutip dari laman top10listland.com, Rabu (19/9/2018), berikut 5 hewan yang mampu bertahan hidup tanpa makan:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Olm - 10 Tahun

Olm adalah sejenis amfibi yang hidup di air gua-gua bawah tanah yang tersebar di sejumlah negara seperti Italia, Kroasia dan Slovenia. Hewan ini tidak memiliki pigmen di kulit mereka.

Bukan hanya itu, olm juga merupakan hewan buta lantaran bola mata mereka tidak berfungsi. Meski begitu, mereka memiliki pendengaran serta penciuman nan fantastis.

Biasanya, olm akan makan kepiting dan siput yang nantinya mereka olah dalam tubuh menjadi lipid dan glikogen. Uji coba yang dilakukan menunjukkan bahwa hewan ini dapat hidup di dunia 10 tahun tanpa makanan.

 

3 dari 6 halaman

2. Lungfish - 4 Tahun

Lungfish punya usia yang sangat panjang. Ia bisa hidup di darat tanpa air sedikitpun. Ia juga mampu hidup selama 90 tahun.

Biasanya lungfish makan katak, siput dan ikan kecil. Selain mampu bertahan hidup hingga puluhan tahun, konon hewan ini juga mampu tidak makan hingga empat tahun.

4 dari 6 halaman

3. Buaya - 3 Tahun

Buaya adalah reptil bertubuh besar yang hidup di air. Buaya umumnya menghuni habitat perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah lainnya, namun ada pula yang hidup di air payau seperti buaya muara.

Makanan utama buaya adalah hewan-hewan bertulang belakang seperti bangsa ikan, reptil dan mamalia, kadang-kadang juga memangsa moluska dan krustasea bergantung pada spesiesnya.

Buaya sangat efisien dalam menyimpan energi di tubuh mereka dan mampu makan makanan besar dan tidak makan dalam kurun waktu lama. Dalam sebuah penelitian, hewan ini bisa tidak makan hingga tiga tahun.

5 dari 6 halaman

4. Laba-laba - 18 Bulan

Laba-laba adalah sejenis hewan berbuku-buku (arthropoda) yang memiliki metabolisme sangat rendah dibandingkan dengan makhluk lain.

Laba-laba dapat ditemukan di seluruh dunia di setiap benua kecuali di Antartika. Merupakan hewan pemangsa (karnivora), bahkan kadang-kadang kanibal. Mangsa utamanya adalah serangga.

Hewan yang satu ini juga mampu hidup tanpa makan selama 18 bulan. Cukup lama bagi hewan bertubuh kecil ini. Tetapi itulah kenyataannya.

6 dari 6 halaman

5. Katak - 16 Bulan

Katak memiliki kemampuan untuk 'bernapas' melalui kulit mereka. Karbon dioksida dan air mampu menembus kulit mereka. Inilah alasan mengapa katak harus menjaga kulit mereka tetap lembab.

Hewan ini juga tergolong sebagai binatang amfibi pemakan serangga yang hidup di air tawar atau di daratan.

Dalam sebuah penelitian, katak mampu bertahan hidup tanpa mengonsumsi makanan selama 16 bulan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Festival Gadhimai, Pengorbanan Hewan Terbanyak Dunia Berlangsung di Nepal
Artikel Selanjutnya
Awas, Penyebar Video Penyiksaan Hewan Bisa Dipenjara 7 Tahun di AS