Sukses

Di Meksiko, Indonesia Ungkap Kesuksesan Program Keluarga Harapan

Indonesia membagikan pengalamannya dengan Meksiko tentang suksesnya Program Keluarga Harapan atau PKH.

Liputan6.com, Mexico City - Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia, Harry Hikmat, menuturkan bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) sukses menekan angka kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia. Hal tersebut ia sampaikan pada kegiatan South South Knowledge Exchange PROSPERA Mexico-PKH Indonesia di Kota Meksiko, Sabtu 14 September 2018.

Melalui keterangan resmi dari KBRI di Meksiko yang diterima Liputan6.com pada Sabtu 14 September 2018, Harry mengatakan, profil kemiskinan di Indonesia mengalami penurunan cukup signifikan selama 19 tahun terakhir. Angka kemiskinan Indonesia pada Maret 2018, menurutnya menjadi 9,82%.

"Ini merupakan sejarah bagi Indonesia, karena mampu menekan angka kemiskinan menjadi satu digit," ungkap Harry di hadapan delegasi kedua negara.

Harry menyampaikan resep keberhasilan PKH sebagai program Conditional Cash Transfer (CCT) atau bantuan tunai bersyarat di Indonesia. "Bantuan sosial PKH telah terintegrasi dengan seluruh bantuan sosial di Indonesia, seperti beasiswa sekolah, jaminan kesehatan dan bantuan pangan," jelas Harry.

Ia menambahkan selain penyaluran bantuan tepat waktu, PKH juga mampu meningkatkan daya beli penerima manfaat. "Selain itu, PKH juga meningkatkan kualitas SDM penerima manfaat dan mendorong kreativitas keluarga dalam pengembangan usaha ekonomi."

Harry juga menyampaikan, turunnya angka ketimpangan atau gini ratio sebesar 0.004 poin pada tahun 2018 menjadi 0.389, dibandingkan tahun 2017 sebesar 0.393.

Upaya menurunkan kemiskinan dan ketimpangan dilakukan dengan membangun pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur, meningkatkan pembangunan sosial yang inklusif dan berkeadilan (social justice for all), dan membangun perlindungan sosial yang terintegrasi.

Apresiasi Pemerintah Meksiko

Sementara itu, pemerintah Meksiko memberi apresiasi positif terhadap upaya Indonesia dalam menurunkan angka kemiskinan. Koordinator Nasional PROSPERA --sebuah badan pelaksana program inklusi sosial bantuan tunai bersyarat di bawah Kementerian Pembangunan Sosial Meksiko-- Jaime Gutierrez Casas mengatakan, Meksiko dan Indonesia memilki kemiripan dalam hal kepadatan penduduk, keragaman budaya, maupun permasalahan sosial.

"Oleh karena itu, program-program sosial PROSPERA menjadi elemen penting bagi pemerintah Meksiko dalam menyelesaikan permasalahan sosial," ungkap Casas.

Meksiko telah melaksanakan CCT sejak tahun 1997, saat itu dengan nama PROGRESSA. Sementara Indonesia melaksanakan program sejenis tahun 2007.

"Kami memberi apresiasi atas suksesnya Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai CCT di Indonesia yang memberi dampak pada penurunan kemiskinan," tutur Jaime.

Jaime merasa terhormat atas kunjungan delegasi Indonesia yang berbagi pengalaman terkait pelaksanaan CCT. PROSPERA pun akan membagikan pengalaman dalam melaksanakan CCT selama 20 tahun di Meksiko.

Dalam perjumapaan tersebut, delegasi Indonesia dihadiri oleh unsur Kementerian Sosial, Bappenas dan Kementerian Kesehatan. Kementerian Sosial diwakili oleh Harry Hikmat selaku Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Nur Pujianto yang merupakan Direktur Jaminan Sosial Keluarga, Koordinator National Board of PKH Emmy Widayanti, Kepala Biro Perencanaan Adhy Karyono, Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Rachmat Koesnadi, Tenaga Ahli SDM Herman dan beberapa pejabat teknis Kementerian Sosial.

Delegasi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) diwakili oleh Vivi Yulaswati yang menjabat Direktur Perlindungan dan Kesejahteraan Masyarakat, Kementerian Kesehatan diwakili Giri Wurjandaru Moekadi, serta ada pula Kasubdit Kewaspadaan Gizi, Direktorat Gizi, dan Ditjen Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 10-14 September tersebut didukung penuh oleh Bank Dunia yang dihadiri oleh Changqin Sun sebagai Senior Economist Bank Dunia, Pablo Acosta yang menjabat Senior Economist Bank Dunia dan Iene Muliati sebagai Senior Social Protection Specialist Bank Dunia.

Indonesia dan Meksiko menjadikan kegiatan tersebut sebagai sarana pertukaran informasi dan pengalaman mengenai desain administrasi, teknis dan operasional program bantuan tunai bersyarat (CCT) sebagai salah satu instrumen yang dianggap mampu menurunkan kemiskinan dan ketimpangan.

Pertukaran informasi dan pengalaman, baik secara konsep maupun implementasi lapangan, diharapkan mampu memberi masukan berharga dalam meningkatkan efektivitas implementasi CCT di Indonesia, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH).

Ada 9 topik yang akan dibahas pada kegiatan tersebut yaitu pengaturan pelaksanaan, pengaturan kelembagaan dan koordinasi antar lembaga, manajemen kinerja dari sumber daya manusia, proses seleksi dan administrasi penerima manfaat, validasi kepatuhan penerima manfaat, strategi kelulusan, Sistem Informasi Manajemen, sistem pemantauan dan evaluasi, mekanisme penyaluran bantuan, dan sistem penanganan pengaduan.

Selain kunjungan lapangan, juga akan dilakukan pertukaran informasi tentang tata cara pembayaran melalui Kartu Keluarga Sejahtera yang menggunakan tabungan dan e-wallet bersama Bank Dunia Mexico.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Meksiko merupakan salah satu negara yang terdapat di utara benua Amerika
    Meksiko merupakan salah satu negara yang terdapat di utara benua Amerika

    Meksiko

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia