Sukses

Jangan Kaget, 8 Makanan Ini Bisa Bikin Tubuh Bereaksi Aneh

Beberapa makanan memiliki efek samping yang terasa sangat aneh di badan.

Liputan6.com, Jakarta - Selain olahraga dan menerapkan gaya hidup sehat, salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang adalah asupan makanan. Begitu pentingnya asupan makanan bagi tubuh, tidak jarang efek yang didapat langsung terlihat pada tubuh seseorang.

Mengonsumsi makanan yang sehat tentu dapat memberikan dampak baik bagi tubuh. Terlebih, bila makanan tersebut melengkapi kebutuhan protein dan nutrisi lainnya.

Saat mulai dicerna tubuh, sari-sari makanan dan minuman yang kita konsumsi akan bereaksi. Ada yang tidak bisa dirasakan efek sampingnya, namun ada pula yang sangat terasa. Bahkan bisa dibilang aneh.

Melansir laman Rider's Digest, Sabtu (18/8/2018), berikut 8 makanan yang bisa memberikan reaksi aneh terhadap tubuh.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan live streaming Asian Games 2018 di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Asparagus

Desas-desus mengenai efek samping makan asparagus adalah benar adanya: memberikan bau tak sedap pada kencing manusia. Fenomena ini berkaitan dengan asam asparagus --zat kimia yang hanya ditemukan di asparagus.

Ketika tubuh Anda mencerna sayuran ini, lambung akan memecah asam asparagus menjadi sekelompok senyawa sulfur. Senyawa tersebut yang menyebabkan bau pesing menyengat dalam air seni manusia, terutama jika tanaman ini berada pada suhu yang lebih hangat.

3 dari 9 halaman

2. Buah Bit dan Buah Beri

Menurut Harvard Medical School, makanan seperti buah beri (berry) dan buah bit dapat mengubah warna air kencing menjadi merah muda atau merah, namun hanya untuk sementara waktu.

4 dari 9 halaman

3. Wortel

Karena sayuran ini memiliki kadar beta-karoten yang tinggi, pigmen berwarna oranye kemerahan, maka makan terlalu banyak wortel dapat menyebabkan karotenemia: suatu kondisi yang memberikan warna oranye pada kulit.

Perubahan paling mencolok terlihat di telapak tangan, telapak kaki, dan gurat tawa wajah, menurut Klinik Dermatologi di University of Arkansas jurusan Ilmu Kedokteran. Untungnya, fenomena ini tidak terlalu umum. Warna kulit bisa berubah jika Anda makan sekitar sepuluh wortel sehari selama dua minggu berturut-turut.

5 dari 9 halaman

4. Licorice

Menurut medlineplus.gov, makan licorice hitam, blueberry, sosis merah, atau minum pil penambah zat besi dapat menyebabkan tinja hitam.

6 dari 9 halaman

5. Pisang

Jika Anda merasa sedikit kembung akhir-akhir ini, mungkin Anda harus menambahkan pisang dalam sarapan Anda. Satu studi menemukan bahwa wanita yang rutin makan pisang dalam sehari melaporkan jarang sekali mengalami kembung, dibandingkan mereka yang hanya minum air atau minuman rasa pisang. Para ahli menduga, itu karena buah pisang tinggi akan potasium, yang membantu menyeimbangkan natrium dan mencegah retensi air.

7 dari 9 halaman

6. Cokelat Hitam

Sebuah penelitian menemukan bahwa cokelat hitam dapat mengurangi stres dengan menurunkan hormon kortisol. Penelitian juga menemukan bahwa permen cokelat mampu meningkatkan mood, memori otak, dan kekebalan tubuh.

8 dari 9 halaman

7. Ketumbar

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Digestive Diseases and Science menemukan bahwa pasien penderita infesksi usus dapat sembuh dengan cepat bila menambahkan ketumbar ke dalam makanan. Baik itu biji ketumbar, maupun daunnya.

9 dari 9 halaman

8. Permen Karet

Pernahkah Anda merasakan sedikit kembung setelah mengunyah beberapa permen karet? Sebuah penelitian mengungkapkan, permen karet menyebabkan Anda menelan baanyak udara, yang dapat menyebabkan kembung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.