Sukses

Minum Air Putih Saat Bangun Pagi Bisa Bikin Kurus? Ini Penjelasan Ahli Agar Tak Keliru

Liputan6.com, New York - Salah satu saran yang paling umum diberikan kepada orang yang ingin menurunkan berat badan adalah minum segelas besar air putih segera setelah bangun di pagi hari.

Hal ini dikatakan sebagai kunci untuk memulai metabolisme kita dan mampu membakar lebih banyak kalori sehingga berat badan bisa turun.

Namun, hal ini nyatanya tidak sejalan dengan analisa dari sejumlah ahli yang mengatakan bahwa minum air di pagi hari memang baik bagi tubuh tapi bukan untuk diet.

"Hal ini memang dapat memotong sejumlah kalori sepanjang hari. Tetapi jumlahnya sangatlah kecil. Itu tidak akan mampu membuat Anda cepat kurus," ujar Sarah Greenfield, direktur nutrisi di Hum Nutrition, demikian dikutip dari laman Therichest.com, Sabtu (11/8/2018).

"Minum air putih  pada pagi hari dapat membantu orang tetap terhidrasi dan menunda rasa lapar, tetapi tidak memiliki efek nyata pada metabolisme," tambahnya.

Sementara itu, bagi Alex Caspero yang juga seorang ahli gizi, makanan dan minuman yang bisa membakar kalori adalah cabai dan juga teh hijau atau kafein.

Alex lebih menyarankan kepada mereka yang ingin mendapatkan tubuh ideal dalam jangka panjang, mereka harus berolahraga karena itu sangat membantu membakar kalori.

"Olahraga jelas-jelas dapat membakar kalori dan meningkatkan massa otot," kata dia.

"Kesimpulannya adalah bahwa jika Anda benar-benar ingin melihat perubahan dalam metabolisme Anda, lakukan olahraga, bukan hanya minum segelas air putih," tambahnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Jika sejumlah ahli sebelumnya mengungkap bahwa minum air di pagi hari tak akan membuat kita kurus seperti yang dikatakan banyak orang, rupanya ada manfaat lain yang bisa dirasakan jika Anda melakukan hal tersebut.

Joseph Summers, seorang pecinta olahraga dan kesehatan merealisasikan cara tersebut dalam kesehariannya. Terbukti dari beberapa manfaat dan perubahan yang ia alami.

Diakui oleh Summers, manfaat pertama yang ia rasakan ketika rutin meminum air putih saat bangun tidur dalam kondisi perut kosong adalah membuat tubuhnya terasa lebih ringan.

"Saya bisa merasakan bahwa tubuh saya lebih mudah melakukan detoksifikasi," ujarnya.

Meminum air putih pada pagi hari juga bisa mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah.

"Tetapi, sejak saya memulai terapi minum air putih pada pagi hari dalam kondisi perut kosong, kerutan di wajah jauh berkurang dan lebih terlihat sehat serta bersinar," jelasnya.

"Dulu, rambut saya mudah rapuh dan rontok. Dengan minum air putih rupanya dapat menyehatkan rambut dan terlihat lebih berkilau," ungkap Summers.

Ritual semacam ini rupanya juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kondisi badan pun kian fit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.