Sukses

Ilmuwan Rusia Tawarkan Metode Penyembuhan untuk Suporter Piala Dunia yang Stres

Liputan6.com, Moskow - Baru-baru ini, selama pertandingan antara Inggris dan Kolombia, banyak penggemar Inggris menerima informasi dari Apple Watch mereka bahwa detak jantung mereka mencapai tingkat berbahaya.

Mereka mendapat pesan yang mengatakan: "Apple Watch mendeteksi detak jantung yang naik di atas 120 saat Anda tampak tidak aktif selama 10 menit."

Indikator seperti itu sering berujung serangan jantung, dan orang Inggris tentu bukan satu-satunya yang mengalami tekanan ekstrem ini selama Piala Dunia 2018.

Ribuan suporter Rusia, Meksiko, Jerman, Korea, dan banyak penggemar sepak bola lainnya juga terpengaruh hati, sendi-sendi otot, gigi, dan bagian tubuh lainnya oleh keadaan emosi mereka.

Untuk memberi bantuan kepada suporter yang stres, para peneliti di Universitas Federasi Ural mengembangkan sebuah sistem baru, Reacor, berdasarkan prinsip-prinsip biofeedback.

"Sudah 25 orang yang diuji coba tahap eksperimen," kata Victoria Dikhor, pemimpin studi tersebut seperti dikutip dari RBTH Indonesia, Jumat (13/7/2018).

"Sekitar 10-15 sesi diperlukan untuk menstabilkan keadaan emosi penggemar."

Meskipun biofeedback telah disertifikasi di banyak negara termasuk AS, para ilmuwan Rusia tidak tahu persis cara kerjanya. Yang pasti, ia meningkatkan kesehatan dengan membuat perubahan halus dalam tubuh, seperti merilekskan otot.

Reacor menganalisis kondisi psikologis dan psikofisiologis pasien, serta keadaan sistem saraf dan detak jantungnya. Menurut Dikhor, metode ini dapat menormalkan keadaan berbagai sistem tubuh.

"Kami menggunakan indikator yang berbeda, termasuk reaksi kulit, elektroensefalogram, suhu dan pernapasan, serta kombinasi dari parameter-parameter ini," katanya kepada Russia Beyond.

Selain penggemar sepak bola, peneliti Rusia berencana untuk bekerja dengan kelompok orang lain dengan tingkat stres yang tinggi, seperti atlet dan polisi. Ada juga niatan untuk mengembangkan pelatihan untuk berbagai kelompok sosial, mulai dari pensiunan dan anak sekolah hingga ibu rumah tangga.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Bagaimana Cara Mendapatkan Bantuan Kesehatan di Rusia?

Sebuah panduan sistem kesehatan Rusia yang berguna bagi wisatawan dan ekspatriat. 

Jadi, Anda sedang berada di Rusia, namun ketimbang menikmati pemandangan indah Alun-alun Merah dan melakukan selfie (swafoto) dengan patung Penunggang Kuda Perunggu, Anda harus mendapatkan perhatian medis. Bagaimana sistemnya berjalan di Rusia?

Di Rusia, penanganan kesehatan dilakukan oleh pemerintah dan swasta. Fasilitas milik pemerintah di antaranya jasa ambulans, penanganan kesehatan dasar, penanganan kesehatan khusus, dan pusat kesehatan (seperti sanatorium dan tempat beristirahat).

Setiap orang Rusia harus memiliki polis asuransi kesehatan wajib (entah mereka memiliki pekerjaan atau tidak) untuk mendapatkan bantuan medis. Polis ini tidak ada batas waktunya.

Kebanyakan jasanya gratis untuk orang Rusia, kecuali, misalnya, pemasangan gigi palsu atau obat-obatan yang mahal. Untuk jasa ini, tersedia tarif normal atau khusus.

Orang Rusia juga dapat membeli polis asuransi kesehatan (dan harganya tergantung perusahaan dan fasilitas yang didapatkan), yang memungkinkan pengobatan di klinik swasta.

Polis seperti ini biasanya diberikan oleh perusahaan dan dianggap sebagai salah satu keuntungan memiliki pekerjaan. Orang Rusia juga dapat mengunjungi klinik swasta tanpa polis tertentu dan langsung membayar biaya jasa.

Jika Anda akan berkunjung ke Rusia, Anda juga harus memiliki asuransi kesehatan, tergantung tujuan Anda. Anda bisa memiliki polis khusus untuk masa perjalanan di Rusia -- ini bisa disediakan oleh perusahaan di tempat Anda yang bekerja sama dengan klinik Rusia.

Meski bukan kriteria supaya lebih mudah mendapatkan visa, polis ini dapat menghemat uang dan waktu Anda di Rusia. Jika Anda berencana untuk tinggal atau bekerja di Rusia dalam jangka waktu yang lama, Anda wajib memiliki polis asuransi kesehatan.

Polis ini gratis dan memberikan Anda hak untuk menggunakan layanan kesehatan milik negara. Untuk mendapatkannya, Anda harus memiliki alamat tinggal permanen di Rusia. Anda bisa mengecek kantor terdekat dari Anda, atau membeli polis kesehatan swasta melalui perusahaan asuransi apa pun di Rusia.

Saksikan Live Streaming EGTC Malang 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Yunani Usir 2 Diplomat Rusia, Moskow Ancam Akan Membalas
Artikel Selanjutnya
4 Alasan Mengapa Bahasa Rusia Sulit Dipelajari