Sukses

Nekat, Dua Pria Selamatkan Buaya yang Nyaris Mati Dililit Ular Piton

Liputan6.com, Everglades - Dua pria Florida, Jack Hubbard dari Kota Lakeland dan temannya, Mike Kimmel dari Kota Indiantown melakukan aksi nekat yang melibatkan seekor buaya alligator dan ular piton.

Awal pekan ini, Hubbard dan Kimmel mengarungi kawasan rawa Everglades, Florida, untuk melaksanakan misi nekat di luar nalar namun mulia; membasmi ular piton --yang dianggap sebagai spesies hama oleh penduduk setempat-- dari daerah tersebut.

Puncak aksi kenekatan mereka terjadi pada Sabtu 16 Juni 2018 malam waktu setempat.

Kala itu, keduanya sedang mengemudi di area Everglades, ketika mereka menemukan seekor ular piton sedang melata di antara ilalang tinggi dekat air payau.

Tapi saat mendekat, Hubbard dan Kimmel memperhatikan sesuatu yang janggal dari cara ular piton itu melata.

"Saat kita semakin dekat, kami sadar bahwa ular piton itu tengah melilit seekor buaya alligator," kata Hubbard seperti dikutip dari Fox News Channel 13 Florida (19/6/2018).

"Alligator itu hampir mati dililit," tambahnya.

Melihat hal itu, Hubbard langsung menerjang ular piton tersebut.

Atas tindakan Hubbard, ular piton tersebut melonggarkan lilitannya dari alligator malang itu. Pria dari Kota Lakeland itu pun kemudian berhasil mencengkeram hewan melata tersebut dengan genggamannya.

Hubbard mengatakan bahwa buaya alligator malang itu berhasil kembali ke air payau usai diselamatkan.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hama Ular Piton di Everglades

Menurut perkiraan ilmuwan setempat, terdapat sekitar puluhan ribu ular piton di kawasan rawa Everglades. Jumlah sebanyak itu dianggap tak wajar, bersifat hama dan mengganggu ekosistem.

Para predator invasif itu disebut memangsa hampir 99 persen mamalia endemik di Everglades serta menipiskan sumber makanan bagi karnivora lokal seperti macan kumbang dan alligator --mengakibatkan bencana kelaparan yang menyebabkan kematian bagi sejumlah populasi kedua hewan itu.

Merespons kondisi itu, Hubbard dan Kimmel berpartisipasi dalam sebuah proyek sosial setempat untuk membantu mengurangi populasi ular piton dari area Everglades.

"Ular piton tidak akan pernah hilang dari area ini, tetapi semoga upaya kami membantu memulihkan ekosistem dan populasi hewan lain yang ada di sana," kata Hubbard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.