Sukses

Badai Alberto Hantam Wilayah Selatan AS, Picu Risiko Banjir dan Tanah Longsor

Liputan6.com, Washington DC - Terjangan badai subtropis Alberto membuat masyarakat di wilayah selatan Amerika Serikat (AS) terancam batal merayakan Hari Pahlawan, yang akan berlangsung pada pekan ini.

Badai tersebut dilaporkan menguat di Teluk Meksiko sejak Minggu dini hari, 27 Mei 2018, dan berpotensi terus bergerak ke arah utara dan timur laut.

Dikutip dari CNN pada Senin (28/5/2018), badai Alberto diprediksi akan menghantam sebagian wilayah di negara bagian Alabama, Florida, dan Mississippi pada awal pekan ini.

Sejak Minggu malam, Gubernur Florida Rick Scott telah menetapkan status siaga di 67 county di wilayahnya. Hal senada juga dilakukan oleh Gubernur Mississippi Phil Bryant, yang mengizinkan penggunaan Garda Nasional untuk bersiaga 24 jam di titik-titik yang dianggap rawan.

Adapun Gubenur Alabama, Kay Ivey, telah lebih dulu mengeluarkan status waspada pada Minggu pagi, dan memerintahkan 40 county di wilayahnya untuk menyiapkan infastruktur penyelamatan.

Pusat Badai Nasional AS mengatakan bahwa badai Alberto memicu hujan deras di wilayah selatan Florida, Kepulauan Keys, dan bagian barat negara Kuba, yang menyebabkan terjadinya banjir dan tanah longsor di beberapa titik.

Pusat Badai Nasional melaporkan bahwa curah hujan diprediksi meningkat drastis di Kuba dan Florida, yakni mencapai tinggi 10-15 inci, atau sekitar 25-38 centimeter. Curah hujan sebesar itu berisiko memicu banjir di sebagian besar wilayah tenggara Florida dalam beberapa hari mendatang.

Ada pun New Orleans, sebagai kota utama yang berlokasi paling dekat dengan sumbu badai, telah menetapkan status waspada lebih awal, di mana bukan hanya ancaman banjir, melainkan juga angin kencang dan gelombang laut yang ganas.

"Saya mengimbau semua orang untuk tetap aman dan selalu sigap terhadap berbagai informasi terkini," kata Wali Kota New Orleans, LaToya Cantrell, dalam sebuah pernyataan.

 

Simak video pilihan berikut:  

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awal Musim Badai

Dijelaskan oleh Pusat Badai Nasional, bahwa musim badai biasanya datang mulai bulan Juni, tetapi Alberto justru mendahuluinya saat menjelang akhir pekan lalu.

Pada awalnya, badai Alberto diketahui merupakan badai tropis yang terbentuk di sebelah barat daya wilayah Karibia. Namun, tekanan udara dan suhu perairan Teluk Meksiko yang kian hangat, menyebabkan badai bergerak ke utara, dan terus menguat.

Badai tersebut diketahui berubah tipenya dari tropis menjadi subtropis pada Jumat malam, 25 Mei 2018. Diperkirakan, ancaman curah hujan tinggi dan angin kencang akan menghantam wilayah selatan dan tenggara AS dalam 48 jam ke depan.

Meski datang di awal prakiraan musim badai, namun menurut otoritas terkait, Alberto tidak berarti sebagai "pembuka" terhadap berbagai topan selanjutnya di sepanjang pertengahan tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.