Sukses

Mesin Ini Tuntaskan Rubik's Cube dalam Waktu 0,38 Detik, Ini Videonya

Liputan6.com, Massachusetts - Seorang mahasiswa pascasarjana jurusan robotika dari universitas top Amerika Serikat berhasil menciptakan mesin yang mampu menyelesaikan Kubus Rubik atau Rubik's Cube kurang dari satu detik.

Ben Katz, mahasiswa pascasarjana Biomimetic Robotics Lab Massachusetts Institute of Technology (MIT) merilis bukti kesuksesan tersebut ke sebuah situs berbagi video populer. Demikian seperti dikutip dari UPI (10/3/2018).

Tampak di video, mesin itu berhasil menyelesaikan sebuah Kubus Rubik 3x3x3 dalam waktu 0,38 detik.

"Waktu itu dihitung dari saat tombol ditekan sampai Cube itu selesai. Semua dihitung menggunakan komputer," tulis Katz dalam sebuah posting blog.

"Waktu itu termasuk pengambilan gambar dan waktu komputasi," tambahnya.

Mesin tersebut terbuat dari enam mesin motor Kollmorgen ServoDisc U9-series, US Digital optical encoders, enam motor drivers rakitan khusus, dan dua kamera PlayStation Eye.

"Mesin itu berpotensi bisa selesai lebih cepat lagi. Tapi hal itu memerlukan waktu lama karena perlu dilakukan debugging dengan kamera kecepatan tinggi. Dan salah-salah bisa merusak Cube itu," kata sang mahasiswa MIT.

Belum diketahui apakah mesin penuntas Kubus Rubik super cepat itu berhasil memecahkan rekor tertentu.

Berikut videonya:

1 dari 2 halaman

Rekor Dunia Manusia

Rekor dunia saat ini dipegang oleh Seung Beom-cho dari Korea Selatan, menyelesaikan sebuah Rubik's Cube 3x3x3 dengan catatan waktu 4,59 detik.

Torehan itu tercatat dalam kompetisi di ChicaGhosts 2017.

Rekor sebelumnya dipegang oleh Patrick Ponce (2017) dari Amerika Serikat dengan catatan waktu 4,69 detik dan Feliks Zemdegs (2016) dari Australia dengan catatan waktu 4,73 detik.