Sukses

Rekor Dunia Selesaikan Rubik Terpecahkan, 4,73 Detik

Liputan6.com, Jakarta Di atas langit masih ada langit, begitulah peribahasa yang tepat untuk pencetak rekor dunia dengan menyelesaikan kubus rubik tercepat.

Baru-baru ini warga Australia terkesima atas rekor dunia yang dipecahkan oleh Feliks Zemdegs asal Melbourne.

Pria 20 tahun itu mememecahkan rekor dunia dalam 3x3x3 konten rubik tradisional dengan waktu penyelesaian adalah 4.73 detik.

Menariknya, tahun-tahun sebelumnya pun Feliks pernah mengikuti kontes memutar rubik tercepat. Pada tahun 2008, Feliks pernah menyelesaikan kontes memutar rubik dengan waktu 13,74 detik.

Pada tahun 2010, Feliks pun kembali menyelesaikan rubik dengan waktu yang lebih singkat, yaitu 9,21 detik untuk menyelesaikan kubus 3x3x3 tradisional dan 42,01 detik memutar 4x4x4 kubus.

Sementara tahun 2013 , mahasiwa Melbourne University ini juga menjadi juara kontes Rubik Cube World Championship di Las Vegas, setelah mengalahkan lebih dari 550 kandidat lainnya.

Dengan jari-jari "secepat listrik," Feliks menyelesaikan single-player dengan rekor kinerja adalah 7.36 detik.

Tahun 2015 lalu rekor dunia ini diraih oleh Lucas Etter, remaja 14 tahun asal Lexington, Kentucky, Amerika Serikat. Lucas mencatatkan waktu 4,90 detik dalam kejuaraan rubik yang berlangsung di Clarksville, Maryland.

Lucas Etter berhasil mengalahkan rekor sebelumnya, 5,25 detik yang dipecahkan oleh Collin Burns, remaja asal Pennsylvania pada April 2015 silam di Doylestowns.

Rubik diciptakan oleh Erno Rubik, desainer Hungaria. Ayah dari "permainan ajaib" ini pun harus membutuhkan waktu hingga satu bulan untuk "memecahkan" rekor.

Penulis:

Eka Nurjanah/ Politeknik Negeri Jakarta

@Ekanurjanah626

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Loading