Sukses

Cubestormer 3, Robot Pemecah Rekor Rubik Tercepat

Liputan6.com, Birmingham Rubik, sebuah permainan berbentuk kubus dengan sejumlah warna yang bisa diacak. Permainan yang bisa membuat sebagian orang pusing. Baru-baru ini, sebuah robot bernama Cubestormer 3 berhasil mencatat rekor memainkan rubik.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (18/3/2014), robot ini hanya membutuhkan waktu 3,5 detik untuk menyelesaikan permainan rubik.

Aksi Cubestormer 3 memukau pengunjung pameran teknologi Big Bang Fair di Birmingham, Inggris, Sabtu 15 Maret 2014. Catatan waktu 3,5 detik ini mengalahkan rekor pendahulunya, Cubestormer 2 yang menyelesaikan permainan rubik dalam waktu 5,27 detik.

Robot ini bekerja dengan cara memindai rubik yang akan dimainkan. Lalu memetakan jalan tercepat untuk menyelesaikannya. Kemudian memerintahkan keempat tangan robot untuk menggerakan rubik.

Tantangan membuat robot ini adalah mensinkronkan intelejensi dan motor penggerak robot. Setiap berhasil mencetak rekor, para pembuat Cubestormer sudah bersiap menciptakan robot sejenis dengan kemampuan yang jauh lebih cepat lagi.

Jika robot mampu menyelesaikan rubik dalam waktu kurang dari 4 detik, ternyata kecepatan otak manusia pun tak kalah hebat.

Ini dibuktikan oleh warga Belanda, Mats Valk. Pemuda belia ini Maret tahun lalu berhasil menyelesaikan permainan rubik standar 3x3 dalam waktu 5,55 detik saja. Hanya terpaut 0,28 detik dari rekor robot Cubestormer 2.

Kecepatan otak dan tangan Mats Valks pun membuatnya tercatat sebagai pemegang rekor dunia untuk rubik 3x3.

Namun kecepatan Mats Valks tersaingi oleh Felix Zemdegs. Juli 2013 lalu pemuda Australia berusia 17 tahun ini berhasil mengalahkan lebih dari 550 kompetitor dalam kejuaraan dunia rubik di Las Vegas.

Pemuda 17 tahun ini mencatat waktu rata-rata 8,18 detik untuk rubik klasik 3x3, sementara Mats Valks mencatat waktu rata-rata 8,65 detik dalam kejuaraan dunia ini.

Permainan rubik diciptakan oleh seorang arsitek asal Hungaria bernama Erno Rubik. Awalnya, Erno memberi nama magic cube pada temuannya. Seiring berjalannya waktu, namanya lebih dikenal sebagai nama permainan temuannya.

Cara memainkan rubik sebenarnya sederhana. Yaitu berusaha membuat sama warna kotak-kotak kecil di setiap sisi kubus. Namun setiap kubus kecil pada tiap sisi saling mengait. Di situlah tantangannya.

Rubik diyakini sebagai mainan paling laris sepanjang masa, sejak pertama kali diluncurkan secara internasional pada tahun 1980, sudah lebih dari 350 juta kotak rubik terjual. (Sugeng Triono)

Baca juga:

Mahasiswa Gorontalo Ciptakan Robot Pemadam Kebakaran

Mengagumkan! Curiosity Kirim Foto Penampakan Bumi dari Mars

[VIDEO] Bocah 9 Tahun Pecahkan Rekor Selesaikan Rubik Tercepat

Loading