Sukses

Gatal Bukan Main, Ternyata Ada 14 Cacing Menghuni Mata Wanita Ini

Liputan6.com, Oregon - Seorang wanita asal Oregon, Amerika Serikat menjadi orang pertama di dunia yang diketahui terjangkit serangan cacing kecil berjenis Thelazia gulosa pada bagian matanya.

Sebelumnya, kasus penemuan cacing jenis ini hanya ditemukan pada hewan ternak yang disebarkan oleh seekor lalat yang hinggap di bagian kelopak mata.

Dikutip dari laman AsiaOne, Selasa (13/2/2018), Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat mengatakan, ada 14 cacing parasit yang ditemukan di mata wanita tersebut.

Cacing jenis Thelazia gulosa memiliki panjang rata-rata 1,27 sentimeter.

 

Cacing parasit tersebut diambil dari mata wanita berusia 26 tahun itu setelah 20 hari ia mengalami gejala gatal pada bagian indra penglihatannya. 

Cacing Thelazia sebelumnya terlihat pada mata hewan ternak di Amerika Serikat bagian Utara dan Selatan Kanada.

Para peneliti melaporkan temuan itu dalam sebuah laporan penelitian yang diterbitkan di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene.

Peneliti juga mengatakan, warga yang tinggal di kawasan tersebut lebih rentan terkena infeksi tersebut daripada mereka yang tinggal jauh dari area itu.

Jika cacing tetap berada di dalam mata seseorang dalam kurun waktu yang cukup lama, maka hal ini dapat menyebabkan luka pada kornea dan bahkan menyebabkan kebutaan.

"Kasus infeksi parasit cacing di mata memang jarang terjadi di Amerika Serikat. Apalagi cacing jenis Thelazia gulosa belum pernah ditemukan di mata manusia," ujar Richard Bradbury yang bekerja di Divisi Parasitik CDC dan Malaria.

Bradbury bahkan mengatakan, di dunia ini baru ada dua spesies cacing yang masuk ke mata dan menginfeksi manusia. Dengan adanya Thelazia gulosa, daftar tersebut menjadi tiga. 

1 dari 2 halaman

Cacing Sepanjang 7 Cm Bersarang di Mata

Sebelumnya, seorang perempuan paro baya berobat ke sebuah rumah sakit di India. Lalitha, namanya, mengeluhkan matanya yang gatal bukan kepalang.

Dokter pun melakukan berbagai pemeriksaan, untuk menentukan penyebab masalah, sebelum akhirnya mereka mendapati temuan mengejutkan.

Dari pemeriksaan, dokter menemukan 'tamu' tak diundang berupa cacing berwarna putih, pada organ penglihatan wanita 56 tahun tersebut.

Dikutip dari Daily Mail, sebuah tim dari rumah sakit pemerintah di Ernakulam, Kerala, akhirnya memutuskan untuk mengoperasi Lalitha.

Dalam rekaman yang beredar, terlihat cacing itu ditarik dari mata wanita India tersebut menggunakan penjepit.

Cacing sepanjang 7 sentimeter diangkat dalam operasi yang berlangsung selama 10 menit. Setelah itu, pasien bebas dari rasa gatal yang menyiksanya.

Usai pemeriksaan lebih lanjut, cacing yang berada di mata wanita itu diketahui jenis Dirofilaria.

Cacing tersebut bisa menyebabkan infeksi dirofilariasis yang kerap ditularkan oleh nyamuk, serangga dan kutu.

Tercatat sekitar 900 kasus dirofilariasis di seluruh dunia sejak pertama kali didokumentasikan pada tahun 1885, menurut Journal of Diseases Parasit.

Mayoritas kasus dilaporkan dari Eropa selatan dan timur, Sri Lanka, Italia, Prancis, Yunani dan Spanyol.

Artikel Selanjutnya
Kotoran Telinga Menumpuk, Wanita Ini Jadi Tuli
Artikel Selanjutnya
Ini 10 Hewan yang Paling Banyak Membunuh Manusia