Sukses

Tak Disangka, Ini 10 Benda Paling Kotor di Kantor

Dengan menggunakan tes ATP, berikut 10 tempat benda paling kotor di kantor. Dapatkah Anda menebaknya?

Liputan6.com, New York City - Sebagian besar dari kita mungkin menganggap kantor kita sudah cukup bersih. Karpet yang sering di-vacuum, toilet yang setiap hari dibersihkan, meja yang ditata hampir setiap pagi membuat kita makin yakin dengan anggapan tersebut.

Namun siapa sangka jika kita menggunakan tes ATP -- tes untuk mengukur mikroorganisme yang tumbuh aktif -- akan membuat kita terkejut.

Mashable menggunakan tes ATP di sejumlah permukaan benda yang berada di kantor dan menemukan hasil yang cukup mengejutkan. Dikutip dari Indy100.com, Selasa (5/12/2017), berikut 10 tempat paling kotor di kantor.

10. Gagang Teko Kopi

Mungkin tak pernah terlintas bahwa gagang teko kopi menjadi salah satu tempat terkotor di kantor. Pasalnya, gagang menjadi bagian yang kerap kali dipegang -- dan kita tidak tahu seberapa bersih tangan orang yang memegangnya.

Menurut Mashable, 48 persen teko kopi mengandung baketri berbahaya di permukaannya dan pastikan Anda mencuci tangan setelah menggunakannya.

9. Mouse Komputer

Mungkin sebagian besar dari Anda tak terkejut saat mengetahui bahwa mouse menjadi salah satu benda terkotor. Alasannya, tetikus itu menjadi benda yang paling sering kontak dengan tangan kita.

Sebanyak 38 persen mouse di kantor butuh dibersihkan secara menyeluruh karena kemungkinan kotornya sama dengan hewan yang mengilhami pemberian nama benda itu, tikus.

8. Dudukan Toilet

Sebagian besar dari kita mungkin menduga bahwa dudukan toilet adalah tempat paling kotor. Namun, nyatanya tidak -- meski masuk ke dalam daftar 10 benda terkotor di kantor.

Jika Anda merupakan orang yang ingin 'bebas' dari kuman dan bakteri, membersihkan dudukan toilet dengan cairan khusus mungkin dapat mengatasi ketakutan Anda.

7. Vending Machine

Jika kantor Anda memiliki vending machine atau mesin jual otomatis, Anda akan menyadari betapa sibuknya mesin tersebut. Banyak jari yang memencet tombol di alat itu yang kita tidak tahu kebersihannya.

Mashable melaporkan bahwa 21 persen vending machine memiliki kemungkinan tinggi untuk menyebarkan penyakit.

6. Dispenser

Dispenser merupakan salah satu benda yang digunakan, dan tentunya dibutuhkan bagi seluruh orang di kantor. Namun siapa sangka, 23 persen tombol dispenser mengandung bakteri yang cukup membuat seseorang sakit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Benda yang Menempati Urutan Teratas

5. Kulkas

Tak peduli apa yang disimpan di dalam kulkas, gangang pintu lemari pendingin itu menjadi tempat bersaranganya kuman.

Berdasarkan tes ATP, jumlah mikroorganisme yang ada di sana berada dalam tingkat berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit.

4. Keyboard

Mashable menyebut bahwa 27 persen keyboard yang mereka uji ATP memiliki jumlah mikroorganisme dalam jumlah tinggi.

Mungkin hal itu tak mengejutkan. Pasalnya, kita kerap kali makan dan minum sambil mengetik. Tak jarang remah-remah makanan kita masuk ke keyboard.

3. Microwave

Berdasarkan tes ATP, sekitar 48 persen gagang microwave dipenuhi kuman. Oleh karena itu, disaranakan untuk mencuci tangan setelah memegang microwave dan rajin membersihkannya.

2. Keran

Keran, baik yang ada kamar mandi maupun bak cuci piring, menjadi benda yang paling kotor.

Berdasarkan tes ATP, 75 persen keran di kantor dipenuhi dengan mikroorganisme yang bisa membuat seseorang sakit. Oleh karena itu, disarankan untuk melapnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

1. Ponsel

Ponsel menjadi benda yang kerap digunakan, kapan pun dan di mana pun. Saat kerja, di kereta, di tempat tidur, bahkan di toilet.

Mashable malporkan bahwa ponsel rata-rata memiliki tingkat mikroorganisme yang sangat tinggi. Untuk menghindari tertularnya penyakit dari ponsel, tak ada salahnya untuk melapnya sesekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini