Sukses

Video Aksi Nekat Pria Australia Beri Makan Buaya Ganas

Liputan6.com, Arnhem Land - Sebuah video mendebarkan beredar di media sosial. Seorang pria Yolngu -- penduduk asli Negeri Kangguru di Northern Territory -- bernama Dima tengah memperlihatkan aksi berbahaya ketika berhadapan dengan seekor buaya berukuran besar di Arnhem Land, Australia.

Dilansir dari situs Daily Mail, Senin (20/11/2017), dalam video berdurasi 20 detik itu menujukkan si pria tengah memancing amarah buaya dengan makanan.

Buaya yang begitu lapar tersebut bergerak begitu cepat seolah-olah ingin menerkam Dima. Meski terlihat begitu ganas, pria tersebut menganggap sang buaya seperti hewan peliharaan yang bisa diredam kemarahannya.

Video yang diunggah oleh akun Welcome To Country di situs pemutar video itu mendapat respon beragam dari netizen. Konon, masyarakat setempat memang menganggap buaya adalah kerabat yang harus dilindungi.

Namun, aktivis hewan di kawasan tersebut mengkritik Dima karena telah melakukan tindakan yang salah.

Kepala Parks Wildlife Commission, Tommy Nichols mengatakan bahwa tindakan mempermainkan seekor buaya adalah hal yang begitu konyol.

Pasalnya, buaya adalah hewan yang tak dapat dijinakkan dan diprediksi.

Meski begitu, masyarakat setempat sudah begitu percaya bahwa manusia harus akrab dengan buaya. Padahal, wilayah di Australia tengah memasuki musim penghujan.

Akan ada banyak wilayah yang tergenang dengan air. Hal ini memungkinkan seekor buaya dapat bergerak dengan cepat.

 

2 dari 2 halaman

Buaya Makan Buaya

Buaya yang selama ini memangsa ikan, rusa, tapir, kancil dan bahkan manusia ternyata juga bisa memangsa rekannya sendiri.

Andrew Lilyquist, seorang fotografer spesialisasi alam liar mendapat pengalaman langka saat tengah berburu foto. Pada Rabu 2016, Lilyquist melihat dengan kepalanya sendiri seekor buaya raksasa menyanta buaya lain yang berukuran kecil.

Dikutip dari ABC Action News, mulanya fotografer itu berniat memburu foto alam liar di Circle B Bar Nature Reserve di seputar kota Lakeland.

"Jantung saya berdebar-debar. Awalnya saya hanya menyaksikan seonggok kepala besar dan saya merasa ini akan semakin asyik," katanya. "Ia besar sekali. Ketika ia sedang melintas, buaya itu memang besar."

Dalam suatu klip video, buaya yang lebih besar itu mengayun-ayunkan seekor buaya yang lebih kecil, melemparnya ke air seakan ingin menggigit lebih kencang.

Juru bicara dari kedinasan Florida Fish and Wildlife mengatakan bahwa perilaku kanibalisme buaya adalah sesuatu yang lazim, terutama di antara sesama pejantan pada musim berbiak.

Peristiwa itu terjadi hanya beberapa hari setelah sebuah video lain merebak di dunia maya tentang seekor buaya besar berukuran kira-kira 2,4 meter mengunyah seekor buaya lain di tempat kejadian yang sama.

Musim pembiakan tahunan buaya dimulai pada akhir Maret dan berlangsung hingga pertengahan Juni. Buaya biasanya aktif hingga bulan Oktober.