Sukses

Ditemukan Bukti Pembakaran Kota Yerusalem 2.600 Tahun Lalu

Tim arkeolog mengekskavasi City of David di Yerusalem. Mereka menemukan sejumlah bukti artefak yang terbakar berusia 2.600 tahun lalu.

Liputan6.com, Yerusalem - Kitab Raja-Raja dalam Alkitab menggambarkan penyerbuan pasukan Raja Nebukadnezar yang mengarah pada kehancuran dan pembakaran  Yerusalem.

Baru-baru ini, para arkeolog menemukan bukti-bukti yang mengarah pada peristiwa tersebut.

Seperti dikutip dari The Independent pada Rabu (2/8/2017), para ahli mengekskavasi City of David atau Kota Daud di Yerusalem. Mereka menemukan sejumlah artefak yang diperkirakan terbakar pada 2.600 tahun lalu.

Tim arkeolog dari Israel Antiquities Authority menemukan tulang belulang terbakar, biji-biji anggur, kayu dan tembikar. Menurul IFLScience, artefak-artefak itu seluruhnya tertutup abu yang tebal.

Dr. Joe Uziel, yang memimpin ekskavasi mengatakan, sejumlah artefak dilengkapi pegangan dan segel roset (hiasan berbentuk daun bertumpuk dan melingkar) -- yang memungkinkan para periset mengetahui penanggalannya atau dari era mana mereka berasal. 

"Segel ini adalah karakteristik dari akhir Periode Pertama Bait Allah (First Temple Period/960-586 SM)," kata Uziel menjelaskan dalam video yang dikeluarkan Otoritas Kepurbakalaan Israel.

Benda-benda tersebut diduga digunakan dalam sistem administrasi yang berkembang menjelang akhir Dinasti Yudea.

"Sepertinya tidak semua bangunan hancur dalam satu kejadian. Ada yang rusak, sementara lainnya ditinggalkan."

Berikut video tentang bukti temuan itu: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.