Sukses

27-5-1937: Menentang Kemustahilan, Jembatan Golden Gate Dibuka

Pembangunan Golden Gate awalnya mendapat banyak pertentangan, namun kegigihan seorang insinyur membuat jembatan itu kokoh berdiri.

Liputan6.com, San Fransisco - Pada hari ini tahun 1937, Jembatan Golden Gate atau Golden Gate Bridge, yang menjadi salah satu ikon San Fransisco, Amerika Serikat resmi dibuka di tengah perayaan yang meriah.

Jembatan gantung dengan panjang keseluruhan 2.727 meter ini menghubungkan San Fransisco dengan Marin County, California.

Nama jembatan ini disesuaikan dengan letaknya yang membentang di atas selat Golden Gate. Pembangunannya dimulai dari Januari 1933 dan selesai pada Mei 1937.

Pada masanya, Golden Gate yang memiliki ketinggian 230 meter di atas permukaan air merupakan jembatan terpanjang di dunia.

Sejak awal, lokasi pembangunan jembatan telah menjadi tantangan tersendiri, terutama karena kedekatannya dengan patahan San Andreas yang melintas dari utara ke selatan melalui San Fransisco.

Selain itu, kondisi perairan selat yang berbahaya juga menimbulkan ancaman serius bagi pekerjaan konstruksi bawah laut yang sangat diperlukan untuk pembangunan jembatan. Meski demikian, seorang insinyur bernama Joseph Strauss selama 16 tahun tak kenal lelah menyakinkan pejabat kota yang skeptis dengan proyek kontroversial tersebut.

Di hari peresmian Golden Gate, dengan penuh kemenangan ia sampaikan, "Jembatan yang tak dapat dan tak seharusnya dibangun, yang pembangunannya tak diizinkan oleh Departemen Perang, yang memiliki fondasi berbatu-batu di mana tak mendukung peletakan tiang, yang dikhawatirkan merusak keindahan Golden Gate, yang tak dapat diselesaikan dengan estimasi biaya US$ 27 juta kini berdiri di hadapan Anda dengan segala kemegahannya, dengan penyangkalan total atas setiap penolakan."

Seperti dilansir History, pada 26 Mei 1937 tepatnya sekitar pukul 06.00, diperkirakan 18.000 orang berkumpul di San Fransisco dan Marin untuk menyaksikan peresmian Golden Gate. Belakangan, jumlah masyarakat yang hadir dikabarkan mencapai 200.000 orang.

Pada jam yang telah ditentukan, peluit dibunyikan menandai terbukanya gerbang jembatan. Sementara itu, massa berlomba-lomba menjadi orang pertama yang menyeberangi Golde Gate.

Mayoritas sekolah, kantor, dan toko tutup menyusul antusiasme warga untuk melihat jembatan baru. Dan hari itu ditetapkan sebagai "Hari Pejalan Kaki". Satu hari setelah resmi dibuka, barulah jembatan dilintasi kendaraan.

Presiden Franklin Delano Roosevelt pada 28 Mei 1937 sore dengan bangga mengumumkan pembukaan Golden Gate Bridge ke seluruh dunia. Di penghujung hari, tercatat kendaraan yang melintas mencapai 32.000 unit.

Merujuk pada situs resmi Golden Gate Bridge, nyaris dua miliar kendaraan telah melintasi jembatan tersebut dalam 70 tahun beroperasinya.

Pada tanggal yang sama tahun 1964, Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru meninggal dunia. Nehru dikenang sebagai "Arsitek India Modern."

Dua anggota keluarga Gandhi juga melanjutkan jejaknya sebagai perdana menteri, mereka adalah Indira, anak perempuannya, dan cucunya Rajiv.

Peristiwa bersejarah juga terukir, khususnya bagi para fans Barcelona pada 27 Mei 2009. Klub yang juga dikenal dengan sebutan Barca tersebut berhasil mengalahkan Manchester United dengan skor 2-0 dalam final Liga Champion di Roma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini