Sukses

Geger Sekolah Taiwan Pawai Natal Pakai Atribut Nazi

Kantor Presiden Taiwan mengatakan pawai itu sangat tidak menghormati penderitaan orang-orang Yahudi dan merupakan kebodohan.

Liputan6.com, Taipei - Sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) swasta di Hsinchu, Taiwan membuat geger setelah siswa-siswanya menggelar pawai natal dengan atribut Nazi. Lengkap dengan seragam militer dan lambang swastika.

Atas insiden itu, kantor Presiden Taiwan meminta maaf, dan pihak otoritas pendidikan bersumpah akan mengurangi dana bagi sekolah itu sebagai hukumannya.

Dilansir dari AsiaOne, Selasa (27/12/2016) sekolah swasta Kuang-Fu itu juga mengeluarkan pernyataan permintaan maaf atas parade tersebut. Namun, mereka mengatakan tidak bermaksud memaafkan kekejaman Nazi.

Permintaan maaf itu datang setelah kantor perwakilan Israel di Taiwan mengutuk parade itu.

"Hal ini menyedihkan dan mengejutkan, bahwa hanya tujuh dekade setelah dunia menyaksikan kengerian holocaust. Sebuah sekolah tinggi di Taiwan mendukung tindakan keterlaluan," kata kantor perwakilan Israel dalam sebuah pernyataan.

Israel juga meminta pemerintah Taiwan untuk memulai program untuk mengajar siswa tentang Holocaust, mengatakan bahwa sekolah harus mendorong toleransi dan pengertian. Gambar "Natal dan Thanksgiving Costume Parade" muncul secara online Jumat 23 Desembar malam, menunjukkan siswa dari jurusan media dan desain mengenakan seragam Nazi dan berbaris dengan tank kardus menampilkan lambang tentara Jerman. Para siswa juga terlihat memberikan salam "Sieg Heil".

Dalam pernyataan yang dikeluarkan dalam menanggapi insiden itu, Kantor Presiden mengatakan pawai itu "sangat tidak menghormati penderitaan orang-orang Yahudi di tangan perang dan merupakan kebodohan menuju sejarah modern."

Selain minta maaf atas insiden tersebut, pemerintah menyerukan penyelidikan pejabat sekolah yang bertanggung jawab dan mendesak bahwa pendidikan pada permasalahan tentang holocaust diperkuat.

Departemen Pendidikan menyatakan terkejut dan menyesal atas parade, mengatakan administrator dan guru di Kuang-Fu SMA harus memberitahu siswa bahwa aksi mereka tela menyakiti orang lain.

"Hal ini tidak benar untuk menunjukkan kreativitas dengan menggunakan luka sejarah," kata Menteri Pendidikan Pan Wen-chung. Kementerian itu mengatakan sedang mempertimbangkan menghukum sekolah atas insiden itu, termasuk memotong subsidi pemerintah dan mencabut "sekolah berkualitas" kutipan itu diperoleh dari kementerian.

Memicu Kontroversi

Insiden terbaru ini bukan pertama kalinya citra terkait holocaust telah memicu kontroversi di Taiwan. Sekitar dua dekade lalu, kantor perwakilan Israel mengutuk perusahaan untuk menampilkan gambar Hilter di materi promosi.

Kuang-Fu awalnya membela keputusannya untuk membiarkan siswa berpakaian seperti Nazi dalam parade. Sekolah menyebut keputusan itu sebagai "demonstrasi kreativitas" dan mengatakan hal itu tidak dimaksudkan untuk menunjukkan dukungan bagi Nazi.

Perwakilan sekolah mengatakan parade itu acara tahunan dan yang menggambarkan Hitler dengan "tokoh sejarah" sebagai tema acara.

Tapi belakangan kepala sekolah kemudian mundur dan mengeluarkan permintaan maaf, dilaporkan di bawah tekanan dari Kantor Presiden. "Saat meninjau parade sebelumnya, kami gagal mempertimbangkan arti dari fakta-fakta sejarah," kata Kuang-Fu dalam sebuah pernyataan.

"Itu kelalaian sekolah, dan kami akan menentukan tanggung jawab dan menghindari terulangnya insiden serupa."

Tapi sekolah minta pengampunan bagi para siswa. "Mohon jangan keras pada anak-anak," kata pernyataan itu.

Anggota dewan Su Chiao-hui mengatakan siswa harus belajar tentang pentingnya hak asasi manusia dan keadilan transisional, dan mengatakan SMA Kuang-Fu telah gagal untuk mengajar siswa tentang kekejaman Nazi.

Sementara itu, anggota dewan lainnya, Lin Chun-hsien mengatakan akan "tak tertahankan" bagi rakyat Taiwan jika mereka harus menonton adegan dari Insiden 28 Februari selama karnaval. Pada tahun 1947, Kuomintang (KMT) menewaskan ribuan orang dalam kerusuhan, yang kemudian sebagai Insiden 28 Februari. Sama halnya dengan mereka yang terluka akibat kekejaman Nazi

"Para siswa mungkin telah tahu tentang kejahatan perang Nazi, tapi guru mereka seharusnya tidak gagal untuk memahami keparahan dan konsekuensi dari kostum Nazi dan lencana SS, kata Lin.

Insiden Sabtu juga bisa menambahkan 'bahan bakar' untuk diskusi setelah Taiwan menduduki peringkat paling "negara bodoh di dunia" ketiga di belakang India dan China berdasarkan pengetahuan masyarakat tentang bangsa mereka sendiri, sesuai dengan 2016 Indeks Ketidakpedulian yang dilakukan oleh Ipsos MORI."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini