Sukses

Tabrak Burung, Mesin Pesawat EasyJet Berhenti Mendadak

Pesawat EasyJet tujuan Malaga harus mengalihkan penerbangannya ke London untuk memindahkan penumpang ke pesawat pengganti.

Liputan6.com, London - Pesawat EasyJet harus mengubah rute penerbangannya gara-gara seekor burung masuk ke dalam salah satu mesin, lalu membuat bagian itu tak berfungsi dalam waktu singkat.

Insiden itu terjadi sesaat setelah easyJet dengan nomor penerbangan EZY7179 berangkat dari Liverpool, Inggris, menuju Malaga, Spanyol pada Kamis, 21 Juli 2016.

Sang pilot pun mengambil keputusan untuk mengalihkan penerbangan dan mendarat di Bandara Gatwick, London, demi keamanan 179 penumpang dan enam awak kabin.

Menurut website AeroInside, seekor burung masuk ke mesin pesawat sebelah kiri dan menyebabkan dentuman besar dari mesin dan kehilangan dayanya untuk sesaat.

Walaupun website menyebutkan bahwa mesin pulih kembali dengan cepat, namun 50 menit kemudian kru pesawat memutuskan untuk berputar dan mengalihkan penerbangannya ke Bandara Gatwick, London.

Dikutip dari The Sun, Rabu (27/7/2016), penumpang mengalami penundaan keberangkatan sekitar lima jam ketika mereka dialihkan ke pesawat yang pengganti sebelum melanjutkan penerbangan ke Malaga.

"easyJet mengonfirmasi bahwa kapten pilot penerbangan EZY7179 dari Liverpool ke Malaga memutuskan untuk mengalihkan penerbangan ke Gatwick, London, karena masuknya seekor burung saat lepas landas," jelas juru bicara easyJet.

"Pesawat mendarat di Gatwick dan penumpang melanjutkan perjalanannya menggunakan pesawat pengganti pada hari yang sama," ujarnya.

Juru bicara easyJet juga menambahkan, keamanan penumpang dan kru merupakan prioritas utama dan maskapai itu mengoperasikan armada pesawatnya secara ketat sesuai dengan semua pedoman perusahaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.