Sukses

Top 3: 'Misteri' Buka Puasa Pengebom dan Petugas di Madinah

Pelaku peledakan di Masjid Nabawi teryata sempat bertegur sapa dengan para petugas keamanan dan mengajak berbuka puasa bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Ledakan bom di dekat Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi pada Senin 4 Juli 2016 waktu setempat ternyata paling menarik perhatian pembaca Liputan6.com. Betapa tidak, tersangka pelaku sempat mengajak para petugas untuk berbuka puasa bersama, sebelum ia meledakkan rompi yang diduga menyimpan bom. Pelaku kemudian lenyap dalam kobaran api dan kepulan asap akibat ledakan.

Selain itu, kisah James Bond, alias Agen 007 dalam dunia nyata juga menjadi sorotan. Pun demikian dengan 3 ledakan bom di beberapa tempat di Saudi Arabia yang membuat Masjidil Haram langsung mendapat penjagaan ketat. 

Berikut selengkapnya dalam Top 3 Global Selasa (5/7/2016) pagi:

1. Pelaku Bom Madinah Sempat Ajak Petugas Berbuka Puasa

Ribuan jemaah calon haji usai salat Isya di Masjid Nabawi, Madinah. (Liputan6.com/Wawan Isab Rubiyanto)

Sebuah ledakan terdengar di area luar Masjid Nabawi di Kota Madinah, Arab Saudi pada Senin malam, 4 Juli 2016. Ledakan tersebut diduga kuat sebagai aksi bunuh diri.

Arab News melaporkan bahwa ledakan terjadi di sebuah pos polisi yang lokasinya berdekatan dengan kompleks Masjid Nabawi. Seorang petugas keamanan menceritakan kepada Arab News bahwa petugas penjaga pos tengah menikmati santapan berbuka puasa sebelum pelaku melancarkan aksi bom bunuh dirinya.

Ia juga mengatakan bahwa sebelumnya sang pelaku sempat meminta untuk bergabung dengan para petugas untuk berbuka puasa bersama. Para petugas merimanya dengan senang hati. Namun saat berjalan mendekati mereka, dirinya langsung meledakkan rompi yang diduga kuat merupakan bom.

Sosok yang diduga sebagai pelaku bom bunuh diri di kompleks Masjid Nabawi itu lenyap dalam kobaran api dan kepulan asap akibat ledakan. 

Selanjutnya... 

 

2. Terkuak, Sosok 'James Bond' Dalam Kehidupan Nyata...

Dusan Popov, tokoh 'James Bond' dalam kehidupan nyata. (Sumber: Pinterest)

Selama puluhan dekade, sosok rupawan nan elegan karya fiksi Ian Flemming bernama James Bond diidolakan para wanita dan pria seantero jagad. Bond tidak hanya membuat kaum hawa terkulai lemas dengan auranya yang sensual sekaligus misterius itu.

Ia juga membuat banyak pria berdecak kagum atas kepiawaiannya dalam menaklukkan wanita. Sedari dulu, seorang mata-mata Inggris berbusana tuksedo hitam dengan dasi kupu-kupu ini dianggap fiktif, atau hanya sebatas khayalan sang penulis saja.

Namun, ternyata sosok James Bond betul-betul ada di dunia nyata. Hanya saja, namanya bukanlah seperti yang seringkali kita dengar seperti, James Bond atau agent 007.

Selanjutnya...

 

3. 3 Bom Meledak di Arab Saudi, Masjidil Haram Dijaga Ketat

3 Bom Meledak di Arab Saudi, Masjidil Haram Dijaga Ketat (Erwin Renaldi)

Bom bunuh diri di tiga kota di Arab Saudi, merupakan serangan terkoordinasi. Dilansir dari Newsweek, Selasa 5 Juli 2016, kekacauan yang terjadi akibat ledakan tersebut mengincar umat Islam yang bersiap menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Ketika waktu berbuka puasa tiba, sebuah ledakan terjadi di luar Masjid Nabawi, Kota Madinah.

Dilansir dari BBC, televisi Arab Saudi menayangkan gambar-gambar kebakaran yang terjadi di lapangan parkir dan tampak setidaknya dua petugas keamanan tergeletak di lokasi kejadian.

Dalam waktu yang bersamaan, dua ledakan dikabarkan mengguncang kawasan dekat sebuah masjid di timur Kota Qatif, Arab Saudi.

Sejumlah saksi mata mengatakan seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya di luar sebuah masjid Syiah pada Senin malam.

Selanjutnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini