Sukses

Sinkhole 7 Meter Tiba-tiba Menganga dan 'Menyedot' 20 Mobil

Sinkhole sedalam tujuh meter itu menganga pada Rabu 25 Mei dini hari.

Liputan6.com, Florence - Sebuah sinkhole atau lubang besar terbentuk di dekat jembatan terkenal dunia Ponte Vecchio di Florence, Italia. Sekitar 20 mobil yang parkir di bantaran Sungai Arno pun tersedot ke dalamnya.

Lubang sedalam tujuh meter itu menganga pada Rabu 25 Mei dini hari. Total panjang jalanan yang ambles mencapai sekitar 200 meter. Jalan tersebut mengarah ke jembatan Ponte Vecchio salah satu situs bersejarah yang diakui Unesco.

"Pipa air yang rusak dimakan usia yang menjadi penyebab munculnya lubang tersebut," kata petugas pemadam kebakaran seperti dikutip dari BBC, Kamis (25/5/2016).

Tidak ada yang cedera dalam bencana amblasnya bagian jembatan, yang menyebabkan aliran air ke beberapa bagian kota tua Florence.

"Tak ada yang cedera, petugas pemadam kebakaran telah dikirim ke tempat kejadian," ujar walikota Florence, Dario Nardella melalui Twitter miliknya seperti dikutip dari New York Times.

Nardella juga mendesak orang-orang yang memarkir mobil di lokasi terbentuknya sinkhole atau dekat Lungarno Torrigiani untuk memindahkan kendaraan mereka.

Muncul kekhawatiran bahwa lapisan aspal di dekatnya tak mampu menampung berat crane, tetapi beberapa mesin itu terlihat mengangkat sejumlah mobil yang tenggelam pada pagi hari.

"Evakuasi orang-orang di dua bangunan di dekat sinkhole dilakukan," kata pihak berwenang setempat.

Akses ke lingkungan dekat sinkhole juga dibatasi, dan pasokan air untuk sementara diputus. Sementara teknisi berusaha untuk memperbaiki pipa yang rusak.

Layanan darurat setempat juga diperkirakan untuk mengambil ribuan botol air untuk 18 sekolah di Florence.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.