Sukses

Mengerikan, Tikus Bisa Berkembang Seukuran Anak Kecil

Diduga, tikus ini kebablasan menyantap makanan berprotein tinggi dan olahan tepung jagung yang mengandung vitamin K.

Liputan6.com, Grimsby - Penduduk sebuah kota di Inggris dikejutkan dengan temuan tikus berukuran besar di sebuah rumah warga. Ukurannya itu hampir seukuran anak kecil jika dipegang dalam posisi berdiri.

Dikutip dari news.com.au pada Selasa (12/4/2016), hewan pengerat ini memiliki panjang 60 cm, sebagaimana diukur oleh Spencer Harris, seorang pembasmi hama dari S.W.A.T Total Pest Control di kota Grimsby.

Di tengah kekhawatiran merebaknya tikus raksasa karena musim dingin yang moderat, belakangan ini memang muncul sejumlah foto palsu tikus raksasa, namun demikian Jeff Sullivan dari S.W.A.T mengatakan bahwa hewan tangkapan itu sungguhan.

"Banyak orang mengambil foto tikus dari beberapa sudut untuk membuatnya tampak lebih besar dari yang sebenarnya, tapi yang satu ini memang seperti yang kamu lihat," kata Sullivan.

Diduga, tikus ini “kebablasan” menyantap makanan berprotein tinggi dan olahan tepung jagung yang mengandung vitamin K. (Sumber news.com.au)

"Saya telah cukup lama melakukan pengendalian hama dan inilah yang terbesar yang pernah tertangkap. Anda sudah membaca dan mendengar sejumlah cerita tentang tikus super, tapi yang satu ini sukar dipercaya."

Perusahaan yang berpusat di Skegness, Lincestershire, ini membenarkan telah melihat kecenderungan munculnya hewan-hewan pengerat yang lebih besar.

"Tikus-tikus ini sepertinya semakin membesar dan ketika mereka menjadi sebesar ini tentu mengundang kekhawatiran,” kata Sullivan.

"Seekor anjing pun tidak dapat mengalahkannya. Saya tentunya khawatir kalau anjing saya harus berhadapan muka dengan tikus ini. Sekiranya ada seekor tikus jantan seukuran ini, tentu ada yang betinanya juga."

Tikus ini ditangkap baru-baru ini dalam sebuah rumah di Humberston, North East Lincestershire. Menurut Sullivan, tikus ini kebablasan menyantap makanan berprotein tinggi.

"Salah satu faktor lain adalah tikus gemar menyantap olahan tepung jagung (maize) yang diperkaya dengan vitamin K, sehingga menjadi penangkal racun," ujarnya.

"Jagung kerap ditanam di ladang sehingga masuk akal juga dalam hal ini. Ukuran gigi-giginya itu juga mengkhawatirkan."

Menurutnya, ukuran tikus itu tidak biasa. "Saya menjalani pekerjaan ini hari demi hari, tapi yang ini tidak biasa dan tikus yang satu ini besar sekali," ujarnya.

"Sudah banyak cerita yang terdengar seperti bualan seorang pelaut, misalnya tikus seukuran anjing peliharaan atau yang sejenisnya. Tapi kami menjerat dan menangkapnya sendiri. Ini jelas-jelas sungguhan."

Juru bicara dewan kota North East Lincolnshire kemudian mengimbau warga yang khawatir tentang tikus atau hama lain, agar menghubungi layanan pengendalian hama yang dapat dipercaya. Pihak pemerintah tidak lagi melakukan pembasmian hama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini