Sukses

Top 3: Keunikan 2 Bersaudara Penemu Pesawat Berawak Banyak Dibaca

Kedua pria yang tak pernah mengenyam pelatihan keteknikan formal itu tentang pesawat itu membuat penasaran.

Liputan6.com, Jakarta - Dua bersaudara dari Dayton, Ohio, Amerika Serikat, Orvile dan Wilbur Wright yang menciptakan pesawat berawak pertama sekali dan sukses terbang mencuri perhatian pembaca Liputan6.com kanal Global edisi Sabtu (19/12/2015). Terutama pada keunikan dari mereka.

Kedua pria yang tak pernah mengenyam pelatihan keteknikan formal itu menentang gravitasi dengan terbang pertama sekali di atas bukit-bukit pasir di North Carolina.

Selain itu, berita tentang ritual 'aneh' para astronot sebelum ke luar angkasa juga begitu diburu. Pun dengan asal-usul manusia berbusana.

Selengkapnya di Top 3 Global:

1. 10 Fakta Unik Wright Bersaudara, Sang Penemu Pesawat

Meski awalnya dianggap remeh oleh sejumlah komunitas dirgantara di Eropa, pesawat mereka kenyataannya berhasil terbang dengan baik.

Orvile dan Wilbur Wright mengantarkan kita memasuki era penerbangan. Menciptakan pesawat berawak pertama sekali yang sukses terbang, 17 Desember 1903.

Berikut ini 10 hal unik yang mungkin tak diketahui banyak orang soal duo pionir dunia penerbangan ini, seperti dikutip dari History.com.

Selengkapnya...

2. Ritual 'Aneh' Para Astronot Sebelum ke Luar Angkasa

Meski siapapun bisa mencoba mengajukan lamaran pekerjaan astronot ini, NASA akan tetap menyeleksi kandidat pelamar secara ketat.

Rencana peluncuran dipersiapkan dengan sangat matang dan cermat, dana jutaan dolar pun telah digelontorkan. Tim Peake, satu dari tiga astronot yang ikut dalam misi juga telah berlatih selama 6 tahun untuk pekerjaan yang durasinya cuma 6 bulan ini.

Astronot Inggris pertama yang dibiayai dengan dana publik, berlabuh di Stasiun Antariksa Internasional bersama dengan kosmonot Rusia Yury Malenchenko dan astronot NASA Tim Kopra, 6 jam setelah lepas landas dari Kazakhstan Selasa kemarin.

Meski merupakan orang-orang pilihan yang ditugaskan melakukan hal ilmiah di angkasa luar, para astronot kerap melakukan serangkaian ritual aneh, takhayul -- yang sudah dimulai sejak masa Yuri Gagarin, sang manusia pertama di luar angkasa, meluncur pada tahun 1961.

Selengkapnya...

3. Asal-usul Manusia Berbusana

Pakaian menjadi norma bagi manusia modern, padahal spesies manusia lainnya tak berbusana. Apa penjelasannya?

Manusia lahir tanpa busana. Namun, pakaian juga melindungi manusia dari udara panas dan dingin, dan menjaga tubuh tetap bersih. Pada manusia modern, mengenakan pakaian merupakan norma. Berbeda halnya dengan manusia gua yang baik-baik saja walau tak berbusana.

Pertanyaannya, sejak kapan manusia mengenakan pakaian?

Menentukan tepatnya manusia mulai mengenakan pakaian merupakan tantangan, sebagian besar karena pada awal penemuannya, pakaian cepat rusak, sehingga sangat sulit menemukan bukti arkelogis kapan pakaian mulai dikenakan.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini