Sukses

JK Resmi Buka Bali Democracy Forum

Wapres JK dan rombongan tiba di Nusa Dua Hall tepat pada pukul 10.00 WIB.

Liputan6.com, Nusa Dua - Bali Democracy Forum (BDF) VIII resmi dibuka. Forum kelas dunia ini dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK.

JK dan rombongan tiba di Nusa Dua Hall tepat pada pukul 10.00 WIB. Dalam sambutannya, JK menyatakan jika forum tersebut memiliki manfaat besar. Sebab di BDF, perwakilan negara-negara bisa mendengar dan belajar demokrasi di seluruh dunia.

"Forum ini tentu mempunyai manfaat memberikan kita diskusi pengalaman dan menukar pengalaman demokrasi di masing-masing negara dan mengambil manfaat penting," ucap JK di Nusa Dua, Bali, Kamis (10/12/2015).

"Dalam pertemuan ini secara bersama mencari cara terbaik bagaimana cara melaksanakan demokrasi di masing-masing negara," sambung dia.

Sementara itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyambut baik terselenggaranya BDF. Menurut dia, BDF akan membawa efek yang sangat baik bagi warga Bali dan Indonesia.

"Saat kita bicara soal BDF, sejak 2008 pesertanya semakin besar dan membesar saja," ucap Mangku Pastika.

"Perdamaian demokrasi merupakan cita-cita nomor satu dari warga Bali, dan kami yakin hasil dari BDF akan sangat berguna bagi kami," tambah dia.

Senada dengan Gubernur Bali, Menlu Retno mengatakan akan banyak hal yang dipelajari di BDF terkait demokrasi yang ada di berbagai negara dunia.

"Kita bisa mendengar dan juga belajar banyak hal mengenai demokrasi di sini," tutur Retno.

"Hal itu terlihat karena sejak (BDF pertama) tahun 2008 BDF telah mendukung pembangunan demokrasi di kawasan Asia Pasifik," pungkas Retno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini