Sukses

Fantastis, Pelat Mobil JFK Dibeli Rp 1,3 M

Semula pelelangan menduga kedua pelat itu akan laku senilai US$ 40.000 atau sekitar Rp 546 juta. Namun ternyata hasilnya di luar dugaan.

Liputan6.com, Dallas - Sepasang pelat nomor kendaraan yang membawa Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy (JFK) ketika dia tewas ditembak telah laku dilelang dengan harga cukup fantastis, yakni US$ 100.000, atau setara dengan Rp 1,3 miliar. 

Limosin yang ditumpangi Kennedy diperbaiki setelah pria yang akrab disapa dengan sebutan JFK itu ditembak di Dallas, Texas, Amerika Serikat, pada November 1963. Sementara kedua pelat nomornya diabaikan.

Oleh pemilik perusahaan yang memperbaiki limosin tersebut, kedua pelat nomor itu kemudian diambil dan diserahkan ke putrinya, Jane Walker. Selama bertahun-tahun ia menyimpannya di dalam laci dapur.

"Saya sadar akan nilainya. Beberapa kali saya menunjukkannya ke teman-teman," kata Jane Walker, pewaris pelat kendaraan bernomor G-300, itu seperti dikutip dari BBC, Senin (9/11/2015).

Jane memutuskan untuk menjual pelat nomor tersebut melalui pelelangan di Kota Dallas. Semula pelelangan menduga kedua pelat itu akan laku senilai US$ 40.000 atau sekitar Rp 546 juta. Namun ternyata hasilnya di luar dugaan.

Nilai itu terlampaui saat seorang kolektor barang-barang peninggalan Kennedy membelinya. Rumah lelang mengatakan sang kolektor meminta identitasnya dirahasiakan.

Selain pelat limosin yang membawa John F. Kennedy, rumah lelang itu juga menjual menu makan malam terakhir Titanic sebelum kapal tersebut tenggelam. Menu itu terjual seharga US$ 118.750 atau setara dengan Rp 1,6 miliar. (Tnt/Rcy)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.