Sukses

Tak Diurus, Burung Kakaktua Stres dan Mencabuti Bulunya Sendiri

Hobby si burung kakatua ditelantarkan oleh pemiliknya hingga merasa tertekan, dan berakibat mencabuti seluruh bulunya.

Liputan6.com, Kansas - Ketika burung kakaktua bernama Hobby ditemukan oleh regu penyelamat, tubuhnya hampir botak seluruhnya.

Pemiliknya tidak memperlakukannya dengan baik, seperti namanya saja, hobby--hobi, ia diperlukan bak kegiatan waktu luang yang dengan mudahnya membuat bosan.

Dilaporkan dari Metro.co.uk, 2 November 2015, ketika dipelihara oleh Tallgrass Parrot Sanctuary, penampungan burung di Lawrence, Kansas-- tubuhnya bahkan memliki aroma yang tidak sedap. Namun, namun hal yang lebih membuat meringis, adalah bulunya yang rontok. Usut punya usut, Hobby mencabut bulu pada tubuhnya yang terjangkau karena merasa stres dan panik.

Burung memiliki kebiasaan dengan mencabut bulunya sebagai bagian dari perawatan mereka. Namun saat depresi mereka bisa mencabuti habis bulu tubuhnya, seperti halnya manusia yang bisa menyakiti dirinya sendiri.

Hal pertama yang dilakukan pemilik barunya, adalah memandikannya, memeriksakan kesehatannya, dan memberikan makan stroberi dan pisang.

Lalu, si burung kakaktua betina pun diberi nama baru: Javi (yang dibaca 'Ha-vi'), 'karena tidak ada makhluk yang boleh menjadi sekedar 'hobi' untuk seseorang'.
Berada di penampungan selama satu bulan, kini Javi sudah jauh lebih bahagia.

Javi si burung kakaktua. (foto: Facebook/Tallgrass Parrot Sanctuary)

"Ia semakin percaya diri dan suka mengeksplor wilayah sekitar, selama saya masih dekat dengannya," tulis seorang representatif dari penampungan.

Belum diketahui kapan bulunya akan tumbuh lagi. Namun untuk sementara, penampungan berencana akan merajutkan sweater untuk dipakainya saat musim dingin nanti.

Kini Javi sudah lebih bisa menyesuaikan diri di rumah barunya, simak videonya!

(Ikr/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.