Sukses

Pesisir Timur dan Barat, Segmen Lawatan Jokowi ke AS

Kunjungan Jokowi di East Coast akan dimulai pada 25 Oktober-27 Oktober, sedangkan West Coast pada 27 malam sampai 29 Oktober 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi angkat bicara terkait kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Amerika Serikat. Dia menjelaskan lawatan resmi itu akan dibagi jadi 2 bagian.

2 Bagian tersebut adalah lawatan di wilayah East Coast (Pesisir Timur) dan West Coast (Pesisir Barat). Mantan Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini rencananya akan memulai lawatan di Pesisir Timur AS.

"Kunjungan ke Amerika akan terbagi dalam 2 segmen East Coast dan West Coast. Kunjungan di East Coast akan dimulai pada 25 Oktober sampai 27 Oktober (2015), untuk West Coast dimulai 27 malam sampai 29 Oktober," ucap Menlu Retno di press briefing mingguan Kemlu di Jakarta, Rabu (21/10/2015).

"Di East Coast tema yang kita usung adalah 'Developing Strategic for Peace and Prosperity'. Ini adalah untuk menunjukkan kolaborasi sangat penting, AS mitra utama Indonesia dan bagaimana juga Indonesia juga mitra utama AS," jelas Retno.

Menurut Retno, kolaborasi antara AS-Indonesia tidak hanya membawa keuntungan bagi 2 negara. Namun akan memberi efek positif bagi kesejahteraan dunia.

Menlu Retno LP Marsudi (kanan) dan Wamenlu AM Fachir saat press briefing mingguan Kemlu di Jakarta, Rabu (21/10/2015). (Liputan6.com/Andreas Gerry Tuwo)

Sementara untuk di West Coast, imbuh Retno, tema yang diambil Indonesia akan berbeda dan menitikberatkan pada sektor ekonomi. Sebab, di Pesisir Barat Amerika Serikat ini, Jokowi dan delegasi akan bertemu dengan para pebisnis dari Negeri Paman Sam.

"West Coast (temanya) adalah 'Introducing Indonesia as the Largest Digital Economy in Southeast Asia," tutur Retno.

Sebelumnya, Duta Besar AS Robert Blake menyambut baik lawatan Presiden Jokowi ke Washington pada 26-28 Oktober 2015. Menurut dia, lawatan tersebut akan memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Blake menjelaskan, kunjungan mantan Walikota Solo itu tak hanya memperkokoh hubungan antar-pemerintah. Tapi juga memperkuat hubungan pebisnis serta masyarakat di kedua negara.

Sebab, di Negeri Paman Sam, Jokowi dijadwalkan tak hanya bertemu pejabat pemerintahan tetapi juga direncanakan menemui sejumlah elemen masyarakat di AS.

"Pada hari Senin, Pak Jokowi akan melakukan pertemuan dengan Bapak Presiden (Barack Obama) lalu dia akan berinteraksi dengan beberapa pebisnis AS dan Pak Jokowi akan berbicara di Konferensi Kamar Dagang AS," ucap Blake di Kantor Kedutaan besar AS di Jakarta, Gedung Sarana Jaya, Rabu. (Ans/Ado)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini