Sukses

Video Kesaksian Korban Tragedi Mina di Jalan 204

Liputan6.com, Mina - Seorang saksi mata tragedi Mina buka suara. Pria bernama Apep Wachyudin, yang merupakan korban insiden memilukan itu, menuturkan dia dan rombongan haji Indonesia yang tergabung dalam JKS 61 tergiring ke Jalan 204 (tempat terjadinya tragedi Mina), setelah diarahkan oleh petugas keamanan haji Arab Saudi untuk belok kiri.

"Katanya ke kanan lebih jauh akhirnya kami ikut jalur itu dan kami berhadapan dengan orang-orang kulit hitam. Kemudian pas di maktab-maktab yang kiri kanannya sudah dikunci semua, kemudian kami menemui stuck karena di depan ada mobil mogok dinaikin sama orang-orang hitam," ujar Apep saat ditemui wartawan Liputan6.com Wawan Isab Rubiyanto di Maktab 7, Mina Jadid, Jumat 26 September 2015.

Setelah itu, lanjut Apep, korban mulai berjatuhan ketika jemaah haji dari arah depan dan arah belakang berhadap-hadapan. "Saya yang paling depan, sempat 3 kali terjatuh termasuk istri saya. Saya akhirnya menarik istri saya, jatuh lagi. Sampai 3 kali, pinggang saya terinjak sama orang kulit hitam yang sudah terlepas kain ikhramnya," tutur Apep.

Apep kemudian berhasil selamat dari musibah itu setelah dibantu oleh jemaah haji kulit putih. "Help me, help me, akhirnya orang kulit putih saya pegang tangannya. Dia akhirnya menarik saya, saya bisa berdiri, saya menarik istri saya, ditarik kemudian saya berjalan satu langkah, susah, karena istri saya masih terhimpit. Akhirnya saya balik lagi, saya tarik istri saya," beber Apep.

Untuk mengetahui bagaimana tragedi Mina terjadi, berikut video kesaksian Apep Wachyudin:

Baca jugaSaksi Mata Tragedi Mina: Saya Terjebak Paling Depan

(Tnt/Sun)

Loading