Sukses

Kuda Mini, Hewan Terapi Super Menggemaskan

Kuda mini menjadi hewan yang membantu pasien terapi dari organisasi ini.

Liputan6.com, Florida - Terapi dengan menggunakan hewan -Animal-assisted therapy (AAT), memiliki banyak keuntungan. Bagi pasien yang memiliki gangguan kondisi kesehatan mental ataupun fisik-- seorang terapis dengan hewan piaraan akan terlihat lebih menenangkan. Selain itu, lucunya tingkah hewan dapat menghibur pasien.

Hewan-hewan yang umumnya menjadi hewan terapi adalah anjing dan kucing, yang notabene merupakan hewan piaraan paling umum. Namun, organisasi Gentle Carousel khusus menyediakan hewan lainnya yang tak kalah lucu dan menggemaskan untuk terapi, yakni kuda mini.

Kuda ukuran mini dianggap tidak mengintimidasi, tidak seperti kuda biasa. (foto: Gentle Carousel)

Organisasi non-profit ini sudah berjalan sejak 20 tahun lalu. Kuda mini dimanfaatkan untuk terapi terhadap pasien dengan mobilitas terbatas. Menurut pendiri organisasi, Debbie Garcia-Bengochea, hewan lucu ini dipandang tak mengintimdasi dibanding kuda-kuda pada umumnya, yang gerakannya sulit dikendalikan dan tak cocok jadi hewan terapi.

Kuda mini menghibur pasien terapi. (foto: Gentle Carousel)

"Kuda besar terlihat mengintimidasi bagi anak-anak kecil atau manula. Kuda mini jauh lebih mudah untuk dipercaya dan dijadikan teman," ungkap Debbie kepada Huffington Post.

Kuda mini umumnya digunakan pada pasien dengan mobilitas terbatas. (foto: Gentle Carousel)

Kuda hasil persilangan gen ini sebelumnya dilatih selama bertahun-tahun. Namun, walau cocok untuk memberi kenyamanan pada pasien, mereka tidak bisa ditunggangi.

Gentle Carousel bergerak secara keseluruhan dengan sukarelawan-- pada awalnya, organisasi ini dibuka di Florida. Namun kini cabangnya merambah hingga New York, California, bahkan Yunani. Mereka menyediakan 25 kuda mini, yang dapat membantu ribuan pasien setiap tahunnya.

Sering kali, mereka membantu pasien yang mengalami trauma berat. Seperti mereka yang selamat dari penembakan Sandy Hook dan anak-anak korban penculikan di Washington D.C.

Hari bagi para kuda-kuda mini tidak pernah membosankan. (foto: Gentle Carousel)

Hari bagi kuda-kuda Gentle Carousels tidak pernah biasa-biasa saja. Mereka selalu melakukan kunjungan ke panti jompo, rumah sakit, penampungan tunawisma, dan tempat-tempat semacamnya. Dimanapun dan kapanpun, sepertinya akan selalu ada orang-orang yang membutuhkan makhluk mungil menggemaskan, dengan mata indah, setinggi kurang lebih 75 cm, dan mirip boneka bulu itu. (Ikr/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini