Sukses

24-6-1983: Kesuksesan Misi 6 Hari Astronot Wanita AS Pertama

Sally Ride sukses menjalankan misi 6 hari di luar angkasa bersama 4 kru pria lainnya.

Liputan6.com, New York - Kali itu sejarah kembali mencatat nama Sally Ride, astronot wanita pertama Amerika. Pada 24 Juni 1983, ia sukses kembali ke Bumi dengan selamat.

Perempuan asal California, AS ini menumpang pesawat ruang angkasa Challenger STS-7, dan kembali ke Bumi setelah mengangkasa selama 6 hari.

Wanita berusia 32 tahun itu menarik perhatian media selama minggu-minggu, ketika pada 18 Juni Pada 1983, ia menjadi perempuan Amerika pertama yang pergi ke luar angkasa. Diterbangkan menggunakan roket Challenger STS-7

Perempuan kelahiran 26 Mei 1951 ini menjalankan misi bersama 4 kru pria. Bersama rekannya, Ride mengoperasikan dua satelit komunikasi dan menjalankan serangkaian eksperimen sains.

Sally Ride (paling kiri). (Buzzfeed)

Dalam misi tersebut, Sally dan awak lain menggunakan lengan robot di ruang angkasa untuk pertama kalinya. Dengan alat tersebut, mereka berhasil memperbaiki sebuah satelit.

Pada misi itu juga, Sally Ride dan awak lain juga berhasil menempatkan dua satelit komunikasi baru.

Itu adalah pertama kalinya terjadi perbaikan satelit di orbitnya. Juga menjadi awal di mana pesawat ulang-alik beranggotakan 5 awak, karena biasanya hanya 3. Kelimanya adalah Sally Ride, Robert Crippen, Rick Hauck, John Fabian dan Dr Norman Thagard.

Sebelum mengangkasa, komandan penerbangan dalam misi tersebut, Robert Crippen mengatakan bahwa ia telah dipilih untuk terbang ke luar angkasa berdasarkan keterampilan bukan untuk jenis kelaminnya.

"Dia terbang dengan kami karena dia adalah orang yang terbaik untuk melakukannya," kata Robert Crippen seperti diberitakan BBC kala itu.

Awak STS-7 awalnya hendak menyelesaikan misi mereka di Cape Canaveral, Florida. Tapi awan menghalangi jalur lintasan mereka, sehingga akhirnya memutuskan mendarat di markas Edwards Air Force California, sekitar 3.000 mil dari lokasi awal.

Sally Ride, astronot wanita Amerika pertama. (NASA.gov)

Sambutan meriah yang disiapkan untuk kedatangan mereka pun gagal, karena perubahan titik kedatangan akibat cuaca yang tak memungkinkan.

Hari itu juga Ride juga menerima telegram ucapan selamat atas prestasinya, dari kosmonot wanita pertama di dunia, Valentina Tereshkova.

Sally Ride lahir dan dibesarkan di Los Angeles, California. Dia meraih delar master dan doktor ilmu fisika di Universitas Stanford. Menurut keterangan Yayasan Sally Ride Science, dia menjadi astronot setelah membaca sebuah iklan di koran mahasiswa Universitas Stanford.

Dalam iklan itu NASA mengajak semua ilmuwan dan insinyur, termasuk para ilmuwan perempuan, untuk bergabung dengan kesatuan astronot.

Sally kemudian resmi bergabung dengan NASA pada 1978, bersama 34 orang lainnya yang menyingkirkan lebih dari 8.000 orang pelamar. Ia merupakan wanita ketiga yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Sally Ride menghembuskan napas terakhir di usia 61 tahun pada 23 Juli 2013 di La Jolla, California. Setelah selama 17 bulan terakhir berjuang melawan kanker pankreas yang dideritanya.

Pada tanggal yang sama tahun 1953, warga AS juga tengah berbahagia karena Presiden ke-35, John F. Kennedy dan kekasih hatinya Jacqueline Bouvier bertunangan.

Sementara pada 24 Juni 1987 tercatat sebagai hari lahir pesepakbola ternama asal Argentina Lionel Messi. (Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.