Sukses

Universitas Bangkok Keluarkan Seragam Khusus Transgender

Universitas Bangkok mengatakan seragam ini dikeluarkan karena banyak siswa transgender di tempatnya.

Liputan6.com, Bangkok - Salah satu perguruan tinggi tersohor di Thailand, Universitas Bangkok mengambil langkah mengejutkan. Mereka mengeluarkan seragam khusus mahasiswa transgender.

Dari ilustrasi yang dikeluarkan Universitas Bangkok, nantinya akan ada 2 mode yang bisa dipilih. Yang pertama pakaian untuk ladyboys, sementara satu lagi adalah seragam transgender berkepribadian tomboy.

Dalam pernyataan resminya, Universitas Bangkok mengatakan seragam ini dikeluarkan karena alasan tepat. Mereka melihat banyak siswa transgender di tempatnya.

Langkah yang diambil Universitas Bangkok segera direspons oleh Asosiasi Transgender Wanita Thailand. Menurut mereka keputusan tersebut memudahkan kaumnya dalam memasuki dunia perkuliahan.

"Saya sangat senang mendengar universitas (Bangkok) membolehkan siswanya memilih seragam sesuai keinginan dan gendernya," sebut Presiden Asosiasi Transgender Wanita Thailand, Nok Yollada seperti dikutip dari BBC, Rabu (10/6/2015).

Selain Nok, keputusan itu juga disambut baik aktris transgender Thailand Poy Treechada. Ia menyebut apa yang dilakukan Universitas Bangkok membuat kaumnya lebih punya tempat dalam tatanan masyarakat Thailand.

"Siswa transgender harus mendapatkan hormat dari masyarakat dan itu bisa didapat saat mereka menghargai peraturan dari Universitas," jelas Poy. (Ger/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.