Sukses

17-4-1964: Petualangan Pilot Wanita Pertama Keliling Dunia

Petualangan selama 29 hari saat usianya 38 tahun, membuat nama Geraldine 'Jerrie' Fredritz Mock harum.

Liputan6.com, Ohio - Sejarah mencatat tanggal 17 April 1964 sebagai akhir petualangan Geraldine 'Jerrie' Fredritz Mock, perempuan pertama yang terbang mengelilingi dunia. Dia terbang dengan pesawat bermesin tunggal Cessna 180 (yang terdaftar dengan nomor registrasi N1538C), yang dikenal dengan nama  'Spirit of Columbus' atau 'Charlie'.

Petualangan pilot wanita pertama di dunia itu dimulai pada 19 Maret 1964. Ia lepas landas dari Columbus International Airport di Ohio, Amerika Serikat. Lalu, berkelana selama 29 hari sebelum kembali ke tempat yang sama.

Petualangan selama 29 hari saat usianya 38 tahun, membuat nama Geraldine 'Jerrie' Fredritz Mock harum.

Wanita kelahiran Newark, Ohio, 22 November 1925 silam itu sukses berkelana menyinggahi 21 tempat, dan menempuh jarak hampir 37.800 km lewat jalur udara pada tahun 1964.

Jerrie kemudian dianugerahi medali Louis Bleriot dari Federation Internationale Aeronautique pada tahun 1965. 5 Tahun berikutnya pada 1970, ia menerbitkan kisah penerbangan solonya keliling dunia dalam buku berjudul 'Three-Eight Charlie'.

'Three-Eight Charlie' adalah panggilan untuk pesawat Cessna N1538C yang ditungganginya berpetualangan keliling dunia.

Petualangan selama 29 hari saat usianya 38 tahun, membuat namanya harum.

Geraldine

Sebagai penghormatan kepadanya, United States Air Force (USAF) menggunakan namanya sebagai nama jalan di Pangkalan Angkatan Udara (AU) Rickerbacker (saat ini Bandara Internasional Rickenbacker) di Lockbourne, Ohio.

Sebuah patung perunggu berukuran besar pun didedikasikan untuknya, dipahat oleh Renate Burgyan Fackler. Patung tersebut diresmikan di halaman The Works Museum di Newark, Ohio pada tanggal 14 September 2013.

Plakat bertuliskan prestasi Mock juga dapat ditemukan di Regional Airport di Tallahassee Aviation Wall of Fame di Tallahassee, Florida.

Dilansir dari Colombus.org, pesawat bersejarah Cessna 180 itu, ditempatkan di  Udvar-Hazy Center of the National Air and Space Museum di Virginia.

Petualangan selama 29 hari saat usianya 38 tahun, membuat nama Geraldine 'Jerrie' Fredritz Mock harum.

Jerry meninggal dunia pada usia sepuh.  Ibu 3 anak yang merupakan istri dari Russell Mock itu ditemukan dalam keadaan tak bernyawa di rumahnya di Quincy, Florida pada 30 September 2014. Ia menghembuskan napas penghabisan di usia 88 tahun.

Sebelumnya, ia berwasiat agar tak digelar upacara pemakaman untuknya. Juga meminta jasadnya dikremasi dan abunya disebar di seluruh Teluk Meksiko.

Nyonya Mock meninggalkan seorang putri bernama Valerie Armentrout dari Reynoldsburg, Ohio.

Peristiwa menarik lain yang tercatat dalam sejarah dunia pada 17 April tahun berbeda, yakni 1986 adalah penemuan bom yang akan diletakkan di pesawat El Al Israel Airlines. Aksi Nezar Nawwaf al-Mansur al-Hindawi berhasil digagalkan, di Bandara Heathrow, London, Inggris. Bahan peledak yang dibawa tunangannya itu berhasil diamankan petugas.

Hindawi sempat melarikan diri, meski sang tunangan ditangkap. Namun beberapa hari kemudian ia menyerahkan diri kepada pihak berwenang.

Sedangkan pada 17 April 1970, pesawat luar angkasa Apollo 13 yang mengalami musibah berhasil kembali dengan selamat ke Bumi. (Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini