Sukses

Militer Nigeria Hancurkan Markas Besar Boko Haram

Pusat strategi utama ini terletak di Kota Gwoza, Nigeria.

Liputan6.com, Abuja - Militer Nigeria terus melakukan pembersihan terhadap kelompok radikal Boko Haram. Operasi bersenjata ini mulai memperlihatkan hasil.

Militer Nigeria menyatakan mereka berhasil menghancurkan dan markas besar Boko Haram. Pusat strategi utama ini terletak di Kota Gwoza.

"Militer Nigeria telah menghancurkan markas utama Boko Haram setelah berhasil merebut kembali Kota Gwoza," sebut pernyataan resmi Militer Nigeria seperti dikutip dari Reuters, Jumat (27/3/2015).

Kesuksesan ini terjadi satu hari jelang pemilu Nigeria. Dalam pesta demokrasi tersebut Presiden incumbent Goodluck Jonathan akan ditantang oleh mantan penguasa militer Muhammadu Buhari.

Boko Haram sendiri, mengambil alih Gwoza pada Agustus tahun lalu. Mereka menjadikan kota ini pusat pemerintahannya

Boko Haram yang dalam bahasa lokal berarti ajaran Barat itu haram merupakan ancaman besar di Nigeria. Kelompok radikal tersebut bertujuan untuk menerapkan syariah di utara negara dengan ekonomi paling besar di Afrika.

Hanya saja, cara yang digunakan Boko Haram untuk mencapai tujuannya sangatlah ekstrem. Ribuan orang sudah menjadi korban jiwa dan luka akibat pemberontakannya.

Guna membasmi Boko Haram, pemerintah Nigeria kerap melancarkan operasi militer. Bahkan pada Mei 2013, Otoritas Nigeria untuk menunjukkan kesungguhan memberantas kelompok ini sempat menerapkan keadaan darurat di negaranya. (Ger/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.