Sukses

Bolivia Tunjuk Wanita Pertama Jadi Jenderal

Selain Gina, pemerintah Bolivia juga mengangkat dua wanita dengan pangkat jenderal di dalam jajaran kepolisian.

Liputan6.com, La Paz - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Pemerintah Bolivia menunjuk seorang wanita di dunia militer. Adalah Gina Reque Teran yang diangkat sebagai jenderal pertama dari kaum hawa.

Perempuan berusia 53 tahun tersebut dilantik Presiden Evo Morales menjadi jenderal di badan militer negara dalam upacara di barak militer utama Ibukota La Paz.

Seperti dimuat kantor berita Agencia Boliviana de Información (ABI) dalam Prothom-alo.com, Selasa (10/3/2015), Gina adalah putri pensiunan jenderal Luis Reque Teran.

Pada 1967 lalu, Luis memimpin operasi militer di Quebrada del Yuro melawan pasukan pemberontak yang dipimpin Che Guevara pada 1967 lalu.

Pertempuran tersebut merupakan konflik revolusioner terakhir Argentina-Kuba sebelum penangkapan Che Guevara oleh pasukan Bolivia yang didukung oleh Badan Intelijen Pusat AS dan dieksekusi beberapa hari kemudian.

Selain Gina, pemerintah Bolivia juga mengangkat dua wanita dengan pangkat jenderal di dalam jajaran kepolisian nasional. Mereka menjadi pemimpin wanita pertama di Bolivia dalam jajaran militer dan kepolisian.

Di Indonesia, ada juga sejumlah wanita yang menjadi jenderal. Misalnya Brigjen TNI AA Putu Oka Dewi Iriani, Brigjen TNI Sari Sukapti Hapsari, Brigjen TNI Purwanti dan Brigjen TNI Theresia Abraham dalam internal TNI AD. (Riz/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.