Sukses

Bekraf Hadirkan Wadah untuk Desainer Muda ke Kancah Internasional

Berikut program Orbit dari Bekraf sebagai wadah bagi desainer muda ke kancah internasional.

Liputan6.com, Jakarta Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali meluncurkan program Orbit 2018. Program ini meruapakan wadah bagi desainer Indonesia yang bertalenta untuk mengembangkan kemampuan sehingga dapat mengharumkan nama bangsa melalui profesinya.

Setelah sukses membekali 20 desainer muda di Orbit 2017, pada tahun ini seleksi kembali dilaksanakan untuk menemukan calon-calon desainer berbakat Indonesia. Diharapkan nantinya, mereka dapat menciptakan bisnis dan peluang kerja baik lokal hingga global.

"Orbit diharapkan dapat meningkatkan kemampuan desainer Indonesia dalam penciptaan produk dan bisnis, baik dalam skala nasional maupun internasional” ungkap Abdur Rohim Boy Berawi Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan Bekraf saat konferensi pers mengenai ORBIT 2018 di Wisma Kibar, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (20/7).

Desainer terpilih akan mendapatkan sertifikat penghargaan, Hak Kekayaan lntelektual (KI), pendampingan dan pelatihan berkelanjutan, publikasi dan kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan Bekraf, hingga magang di dalam maupun luar negeri serta studi banding internasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Desainer muda Bekraf

Program Orbit 2018 akan melingkupi 8 bidang diantaranya desainer arsitektur, desain interior, fashion, desain komunikasi visual, desain tata cahaya, desain produk, desain tekstil, kriya dan lanskap. Para desainer yang terpilih dalam proses seleksi di tahun 2018 akan mengikuti tiga program yang berkelanjutan, yaitu basic program, program penguatan berupa design and product development, business development, serta program pengembangan dari mulai activation, network and capacity building.

Bagi Anda desainer muda yang tertarik dan bekerja dalam bidang kreatif ini dapat mengitu program Orbit dengan mendaftarkan diri secara online. Setelah itu, mengirimkan karya dan persyaratan lainnya paling lambat 15 September 2018.

 

3 dari 3 halaman

Desainer muda Bekraf

Kriteria umum yang telah ditetapkan yaitu desain yang dikirim harus merupakan karya orisinal berupa konsep atau karya yang diwujudkan dan bukan merupakan karya tugas akhir. Proses seleksi setelah submisi karya terdiri dari beberapa tahapan-tahapan lain, yaitu dua tahap kurasl awal, tahap purwarupa, dan yang terakhir adalah kurasi final.

Boy Berawi menambahkan, Orbit sebagai satu terobosan baru dengan harapan para desainer terpilih memiliki kemampuan untuk berkontribusi langsung pada pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia dan bersaing secara signifikan di dunia luar.

Para Desainer Terpilih Orbit 2017 terdahulu mendapatkan kesempatan berkunjung ke Jepang untuk melihat dinamika industri kreatif dan bertemu dengan para pelakunya. Sebagian lagi berkunjung ke London Design Festival 2017 di UK. Upaya ini untuk memberikan wawasan internasional kepada para desainer terpilih Orbit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.